Reportase : TAHUN BARU ala MAHASISWA ASRAMA ITS

Jum’at, 31 Desember 2010 bertepatan tahun baru 2011, malam puncak jam 00.00 itu merupakan awal di 2011.  Kembang api menghiasi langit dikota Surabaya pada malam itu. Kembang api itupun terlihat dari asrama mahasiswa ITS. Aula asrama dipenuhi dengan anak asrama yang tidak merayakan tahun baru di luar kampus ITS, mereka kebanyakan mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa. Banyak juga mahasiswa bukan penghuni asrama ikut bergabung di aula untuk rame-rame.

Kebanyakan anak-anak tetap dengan laptopnya masing-masing sambil bercandaan, sedikit melupakan tugas-tugas yang berat. Malam itupun kayaknya petugas asrama mengerti akan arti tahun baru sehingga jam malam tidak diberlakukan. Saya menanyai salah satu penghuni asrama kenapa dia tidak merayakan tahun baru jalan-jalan diluar, ternyata jawabannya “Saya bingung mau kemana dan saya rasa juga Surabaya tidak aman saat padat seperti ini” jawab salah seorang mahasiswa dari Makassar.

Berbeda lagi dengan jawaban salah satu anak yang bukan penghuni asrama, padahal dia asli Surabaya, ternyata dia pulang praktikum dan takut macet dijalan sehinggan memutuskan untuk bareng temannya yang lain di aula asrama.

Sekitar jam 03.00 aula asrama mulai sepi karena anak-anak sudah kembali kekamarnya untuk beristirahat. Tahun baru yang biasa saja bagi mahasiswa baru di tahun baru 2011 ini, akan tetapi yang berbeda adalah dimana tahun baru kali ini kita benar-benar mandiri terpisah dengan keluarga, dan teman dari berbagai daerah itulah yang menjadi keluarga kita ditahun baru ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s