Artikel : LARANGAN SERTA KEHARUSAN SAAT MELAKUKAN PRESENTASI

Kemampuan presentasi yang baik sangat mendukung kewibawaan seseorang dalam menyampaikan suatu materi didepan umum. Kemampuan berpresentasi tidak sembarang bisa didapatkan, kita perlu belajar tentang aturan dan hal-hal yang mendukung lainnya.

Disini saya akan mengemukakan beberapa dosa dan kewajiban ketika mau melakukan ataupun saat melakukan presentasi.

12 Dosa Besar dalam Presentasi :

1. Belum paham materi

    Ini merupakan kesalahan fatal apabila berpresentasi tidak menguasai bahan yang dipresentasikan. Apa yang mau disampaikan kalau kita tidak mengerti materinya. Orang yang tidak mengerti bahan presentasi, lalu memaksakan dirinya maju, itu adalah perbuatan yang nekat.

    2. Tidak menggunakan ilustrasi.

      Kita berpresentasi harus menyiapkan beberapa ilustrasi menyangkut bahan materi kita, karena tanpa itu peserta presentasi akan sulit mengerti materi yang kita sampaikan. Ilustrasi dirasa sangat penting karena kebanyakan orang menginginkan contoh langsung yang mendukung materi kita.

      3. Hanya membaca slide

        Berpresentasi didepan hanya dengan membaca slide, itu hanya akan membuat pendengar bosan dan acuh tak acuh dengan apa yang kita sampaikan. Itu menyebabkan presentasi kita gagal. Presentasi dengan hanya membaca slide itu adalah perbuatan yang monotan, sehingga membuat banyak orang yang tidak menyukainya.

        4. Berbicara cepat

          Ini sangat perlu diperhatikan, apabila kita berbicara dengan cepat, pendengar tidak akan bisa mengerti dan menangkap apa yang kita sampaikan. Berbicara cepat tanpa jeda, itu hanya akan membuat orang bingung dengan materi yang kita sampaikan. Ketika pendengar tidak mengerti dengan yang kita sampaikan, itu merupakan sebuah kekecewaan yang besar.

          5. Intonasi datar.

            Intonasi datar dalam menyampaikan materi membuat orang tidak bersemangat mendengarkan kita berpresentasi, apabila orang tidak bersemangat maka dia sudah menutup dirinya untuk menerima apa yang kita sampaikan, sehingga untuk menerima materi yang kita sampaikan juga cukup susah.

            Kita tau sendiri dalam tata cara berpresentasi, perlu diadakan beberapa penekanan intonasi pada beberapa bagian yang dirasa penting, sehingga pada bagian penting tersebut orang akan lebih mengerti maksud dari kita.

            6. Data salah

              Ini kesalahan yang sangat memalukan, walaupun kita sangat percaya diri dalam menyampaikan materi, tetapi data kita salah itu akan merugikan diri kita. Terlebih kebanyakan yang menjadi penguji peresentasi kita adalah orang-orang yang pintar dan lebih tau banyak dengan bidangnya masing-masing.

              Data salah juga akan mengakibatkan kita gugup dan terlihat tidak menguasai materi yang kita sendiri sampaikan.

              7. Melakukan gerakan yang tidak sesuai.

              Gerakan ketika berpresentasi harus sewajarnya karena dalam presentasi gerakan itu bisa mewakili sesuatu walaupun sebenarnya kita tidak seperti itu. Seperti goyang-goyang tidak jelas atau berjalan bolak balik itu hanya akan membuat pendengar pusing sehingga membuyarkan konsentrasi mereka.

              8. Membuat handout yang sama dengan slide

              Handout itu seperti fotokopian secara ringkas materi kita yang dipresentasikan, kenapa dikatakan jangan membuat handout yang sama dengan slide karena kalau semua isi slide sudah tertera jelas pada handout buat apa mereka mendengarkan presentasi kita lagi toh mereka sudah tau apa yang akan disampaikan.

              9. Tidak membuat handout yang cukup

              Kejadian seperti ini jangan sampai kejadian, ketika kita membagikan handout ternyata kurang mencukupi dari jumlah peserta itu dapat mencerminkan ketidaksiapan kita dalam menyediakan media untuk pendengar.

              10. Tidak mencek peralatan

              Sebelum melakukan apapun cek peralatan sangat penting, karena peralatan disini adalah media pendukung. Kan tidak lucu mau berbicara depan orang penting Mic rusak atau LCD tidak nyala, oleh karena itu harus disiapkan benar-benar terlebih dahulu.

              11. Defensif terhadap masukan

              Maksudnya disini adalah kita harus menerima masukan untuk kita, bukannya defensif (bertahan) dengan keyakinan akan materi kita yang kita rasa sudah sangat benar. Hal itu tidak baik dilakukan, karena saran atau kritik sangat diperlukan untuk kita menjadi lebih baik.

              12. Slide sulit dibaca

              Ini kesalahan fatal, biasanya disebabkan karena pada slide tersebut dimasukkan definisi dari suatu masalah yang detail sekali, sehingga satu page tidak muat dan alternatifnya font tulisan diperkecil, misalnya juga warna yang bertabrakan sehingga kita tidak melihat lagi apa tulisan yang tertera. Jangan sampai slide kita tidak bisa dibaca pendengar, karena itu akan mengakibatkan pendengar kesusahan dalam menerima materi. Dalam penulisan slide itupun diharuskan menulis poin-poinnya saja sehingga bisa ditulis per poin dengan huruf yang jelas, adapun untuk penjelasannya, kita lakukan sendiri itu juga mendukung sejauh mana kita menguasai bahan presentasi kita.

                Perlu di Perhatikan saat Berperesentasi :

                1. Persiapan matang
                2. Pembukaan menarik
                3. Penekanan pada poin-poin penting
                4. Gunakan fakta
                5. Gunakan alat bantu
                6. Perhatikan bahasa tubuh pendengar, apabila mereka sudah terlihat lelah dan bosan itu saatnya kita harus sedikit menambahkan lelucon atau ada olahraga sedikit untuk merilekskan tubuh mereka
                7. Kontak mata dengan pendengar karena itu sangat penting agar mereka merasa dihargai sebagai pendengar
                8. Perhatikan pertanyaan dan komentar dari Peserta
                9. Melibatkan peserta dalam menyampaikan materi, bisa dengan disisipkan sedikit dialog kepada pendengar.

                 

                Leave a Reply

                Fill in your details below or click an icon to log in:

                WordPress.com Logo

                You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

                Twitter picture

                You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

                Facebook photo

                You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

                Google+ photo

                You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

                Connecting to %s