Opini : SULITNYA MEMUNCULKAN IDE KREATIF BAGI MABA

Ide Kreatif menurut saya adalah sebuah pemikiran yang unik, beda dari yang pernah ada serta bermanfaat. Kenapa ide kreatif dirasa sangat penting bagi seorang mahasiswa, ya tentu saja ! Kurang afdhal rasanya kalau mahasiswa tidak pernah menyumbangkan sedikit pemikirannya yang kreatif.

Ajang bergengsi antar mahasiswa saja ada yang namanya Pekan Ilmiah Mahasiswa (PKM), adalah sebuah kesempatan dimana para mahasiswa menyumbangkan ide-ide kreatifnya dalam menghasilkan sebuah karya dengan didukung ilmu yang dia peroleh, untuk dikembangkan menjadi sebuah hasil karya yang berguna besar untuk masyarakat.

Kenapa saya berbicara tentang maba, karena itulah yang saya rasakan saat ini. Ketika semua maba dituntut untuk berpikir kreatif karena maba ITS semuanya diwajibkan untuk ikut PKM. Disanalah saya merasakan betapa sulitnya memunculkan ide kreatif.

Mungkin kenyataan yang sangat logis adalah karena maba kurang pengalaman dan ilmu. Pengalaman dan ilmu itu sebuah pasangan yang tidak bisa dilepaskan ketika kita akan berpikir kreatif. Karena apa ide kita muncul, karena berbagai pengalaman yang pernah kita rasakan. Sejauh mana ide kreatif kita mampu muncul, sebanyak ilmu yang pernah kita dapat. Semakin banyak ilmu yang kita dapat maka semakin luas cakrawala berpikir kita.

Oleh karena itu, seorang maba memang harus banyak belajar kepada pemenang-pemenang PKM, dengan mempelajari semua isi Karya tulisnya, belajar tentang bagaimana ide yang pernah ada, sekreatif apakah pemenang PKM tersebut mengemukakan ide, kita harus belajar dari sana.

Ada pepatah mengatakan “Dalam satu hari sempatkanlah waktumu sebentar untuk berpikir kreatif”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s