Opini : PTN FAVORIT MEMPERTEMUKAN BERAGAM BUDAYA

Perguruan tinggi favorit yang sangat banyak diminati oleh kalangan masyarakat, baik itu dari orangtua maupun keinginan anaknya sendiri menjadi sasara utama anak-anak diseleuruh Indonesia. Perguruan tersebut antara lain seperti ITS, UGM, UI, ITB, UNPAD, UNS, UB, UNHAS, STAN, STIS, AMG, BINUS, PETRA, GUNADARMA, dll. Itu adalah berbagai perguruan tinggi yang menjadi favorit, dimana pendaftarnya tidak sedikit dan dari seluruh Indonesia.

Sehingga mahasiswa-mahasiswa yang berkuliah disana merupakan mahasiswa dari berbagai daerah Indonesia. Beragam budaya dan khas masing-masing anak dipertemukan, beragam bahasa dan beragam makanan pernah dicoba. Itulah mahasiswa, kalau pulang kampung harus membawakan oleh-oleh untuk temannya, oleh-oleh khas dsaerah masing-masing.

Saya pernah bertanya langsung pada anak yang dari Kalimantan dan sekarang berkuliah disalah satu Perguruan Tinggi favorit di Jawa, saya bertanya “Kenapa kamu mengambil kuliah di perguruan favorit ini?”, ternyata jawabnya “Saya hanya akan kuliah diluar Kalimantan kalau bisa diterima di Perguruan terbaik dan terfavorit di Indonesia, ngapain saya kuliah jauh-jauh kalau hanya masuk Perguruan yang biasa-biasa saja, rugi donk biaya jauh-jauh”. Pertimbangan yang sangat tepat.

Jadi kalau mau tau berbagai budaya dan bahasa, maka berkuliah lah di perguruan tinggi favorit. Ini pengalaman saya sendiri lucu-lucuan, ketika saya duduk disebuah kursi di kantin, disatu meja itu ada saya dari Banjarmasin, ada teman saya yang dari Aceh dan satunya dari Makassar, kita belajar bahasa Jawa. Aneh kedengarannya karena kita semua tidak ada yang mengerti bahasa Jawa. Tapi disana kita juga belajar masing-masing bahasa daerah kita, berbagi cerita dan kisah-kisahg menarik di daerah asal masing-masing.

Leave a Reply

