Opini : PENYAKIT KEBANYAKAN MAHASISWA BARU

Seorang mahasiswa baru yang diharuskan mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dilingkungan kampus mengharuskan mereka untuk bisa mengatur waktu dan menjaga kesehatan. Mahasiswa Baru adalah masa-masa terberat yang dilalui mahasiswa karena mereka benar-benar menjalani kehidupan yang tidak seperti biasanya (SMA). Pendidikan di SMA yang sudah terstruktur dengan jadwal rutin membuat mereka hanya berjalan mengikuti aturan tersebut, sedangkan di kuliah semua hal harus kita sendiri yang mengatur. Apalagi seorang mahasiswa kurang afdhal kalau tidak kos, dengan kos sehingga terpisah dengan keluarga, kebiasaan makan yang selalu diingatkan oleh orangtua, saat kos hal tersebut tidak setiap waktu bisa dilakukan, sehingga kacau lah pola makan mereka, sehingga menimbulkan penyakit.

Beberapa penyakit yang sering kali saya temui, entah itu yang saya rasakan sendiri ataupun kebanyakan penyakit teman sesama Mahasiswa Baru, penyakit itu antara lain :

1.      MAAG

Ini penyakit yang menjadi momok mahasiswa barujangankan mahasiswa baru, mahasiswa lamapun tidak sedikit yang mengidap penyakit ini. Rata-rata dengan proses adaptasi dengan tugas yang banyak, mereka hampir melupakan makan mereka sehingga penyakit maag yang sudah ada menjadi kambuh. Seringkali juga dalam proses adaptasi tersebut yang sebelumnya tidak mengidap maag, eh ternyata pulang-pulang kerumah orangtua ternyata mengidap maag.

2.      DEMAM

Deman yang kebanyakan diderita mahasiswa baru adalah dengan ciri kepala pusing, badan panas, flu, batuk-batuk, radang tenggorokan, dll. Deman biasanya disebabkan kecapean, kurang istirahat, ditambah pola makan yang tidak teratur, jadi asupan makanan yang masuk kedalam tubuh tidak ada. Terlebih lagi para mahasiswa baru yang dengan tugasnya yang banyak, sering begadang dan besok kuliah pagi-pagi, asupan nutrisi dalam tubuh tidak ada sehingga menimbulkan demam.

3.      KEPALA PUSING

Pusing disini banyak persepsi, baik itu pusing darah tinggi ataupun banyak pikiran dan beban tugas. Pusing kebanyakan yang di alami oleh mahasiswa baru adalah disebabkan karena gejala stress. Karena penyebab pusing itu sendiri macam-macam, misalnya juga karena kurangnya gula darah. Kenapa saya menyebutkan bahwa kemungkinan terbesar penyebab pusing mahasiswa kebanyakan adalah stress, karena stress karena banyak tugas dan lain hal.

 

Ini hanya sebuah pendapat dan didukung oleh kenyataan teman-teman saya kebanyakan. Kebanyakan saya mengutarakan semua penyakit yang ada karena tugas. Sebenarnya tidak semua seperti itu, selama kita mampu mengatur waktu dan bisa menjaga pola makan teratur kita, kemungkinan sakit akan lebih berkurang. Ketika sudah jenjang atas kita akan mulai terbiasa dengan pola hidup anak kuliah dan pola makan kitapun akan tersusun kembali menjadi lebih baik. Jangan sampai ketika kuliah sakit-sakitan dan menjadi korban waktu.

Menurut saya sakit bagi seorang mahasiswa hukumnya haram, karena kita mahasiswa benar-benar dituntut mandiri apabila kita sakit siapa yang mengerjakan semua hal yang harus kita kerjakan. Saya sangat senang dengan kampus saya ini, karena sudah memiliki Medical Center sendiri yang disediakan untuk semua mahasiswa dan gratis hanya dengan menunjukkan KTM. Hidup ITS !!!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s