Opini : MOMOK MABA IT ??NGODING !!

Kembali pada tahun ajaran baru, tibalah para alumnus SMA sibuk menentukan meneruskan kuliah kemana. Saat ini juga saya menyandang status sebagai Mahasiswa Baru dengan jurusan Sistem Informasi, salah satu jurusan dengan background IT.

Sekarang, jurusan yang berbasis IT memang sedang populer dengan berbagai tawarn pekerjaan yang menjanjikan dimasa akan datang. Saya memperhatikan passing grade jurusan yang berbasis IT pada tiap PTN atau PTS, rata-rata untuk jurusan yang berbasis IT tersebut mempunyai passing grade yang selalu tinggi. Menjadi jurusan yang populer dikalangan mahasiswa dan siswa SMA yang ingin meneruskan kuliah. Misalnya saja Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika dan Manajemen Komputer, jurusan tersebut pada dasarnya sama saja yang selalu berkecimpung dengan komputernya.

Berbagai jenis forum di internet banyak yang membicarakan jurusan mana dengan peminat terbanyak, dan pendapat-pendapat kebanyakan menyatakan bahwa jurusan yang menjadi tren saat ini Kedokteran dan IT. Dua jenis jurusan yang sangat menjanjikan dimasa depan ini sangat banyak diminati pada saat ini.

Apa jurusan ini semudah yang dibayangkan?? Tentu saja tidak !!! Banyak perjuangan yang harus dilakukan untuk bisa meraih gelar S. Kom ini. Berhubung saya kuliah di jurusan IT sehingga saya merasakan sendiri betapa berat menjadi mahasiswaIT pada kebanyakan orang. Satu momok yang menjadi problem besar bagi mahasiswanya adalah KODING. Mengoding program tidak semudah menggunakan program tersebut, dengan kuliah disini saya dapat menyimpulkan bahwa canggihnya teknologi pada saat yang basicnya membuat mudah segala hal tidak dibuat dengan mudah. Berbagai program yang memudahkan pekerjaan sekarang dibuat dengan ketekunan dan ketelitian yang besar.

Mata kuliah inilah yang menjadi momok mahasiswa IT, khususnya Maba. Banyak maba yang merasakan benar-benar memperoleh ilmu yang baru ketika kuliah dijurusan IT, ilmu yang dimulai dasar sekali untuk membuat sesuatu program menjadi hal yang terasa sangat sulit karena memang kebanyakan belum memperoleh ilmu ini di SMA. Ada sebagian mahasiswa yang dulunya siswa SMK IT maka untuk nmata kuliah pemrograman sejenis akan lebih termudahkan dan sebagian dari mereka memang terlihat lebih mencolok untuk cepat mengerti matkul tersebut.

Dengan kenyataan seperti ini bagi yang merasakan hal sama seperti saya harus lebih berteman baik dengan program, sering-sering berlatih dengan berbagai kasus pemrograman dan kunci utama mengerti ilmu pemrograman adalah dengan membentuk logika berpikir kita dan memahami setiap fungsi dari syntax-syntax bahasa pemrograman yang kita pilih.

Saya mendengar langsung pendapat dari senior saya, yang memang cara dia ngoding tidak diragukan lagi. Teknik dia agar bisa ngoding itu sederhana akan tetapi itu dilakukannya secara terus menerus sehingga terbiasa dan mengerti. Dia mengerti ngoding pada dasarnya dia memulai dengan melihat kodingan yang sudah benar lalu kodingan tersebut dia pelajari yang tidak dia mengerti tentu saja dia tanyakan pada orang yang lebih mengerti, mengerti dalam artian disini tentu saja mengerti akan logika yang ada pada program tersebut. Dia mengerti dengan logikanya, lalu dia tulis dan pelajari. Nah, setelah mengerti dia mencoba menulis ulang kodingan yang dia pelajari tadi tanpa melihat yang aslinya, dia membuat dengan logika sama dan sudah ia mengerti yang dia tulis dikertas tadi. Dia mengoding ulang dengan sama persis dengan sebelumnya. Setelah dia sudah mengerti kodingan tersebut, dia belajar sedikit memodif kodingan orang tersebut, ada beberapa yang diubah sesuai dengan logika yang kita temukan, ketika program bisa jalan kita akan lebih percaya diri pada kemampuan kita sendiri untuk mengoding. Selanjutnya dia membuat sebuah program sendiri dengan logika pada dirinya yang sudah terbentuk dari proses mempelajari. Yeah, good job !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s