Keterampilan Interpersonal 3 : Kepemimpinan

Kuliah terakhir untuk mata kuliah Keterampilan Interpersonal Outdoor diakhiri pada tanggal 28 Desember 2010. Ini merupakan kuliah KI terakhir dan untuk minggu depan kita diberikan sebuah final project dalam menyeseaikan sebuah masalah dengan ilmu-ilmu yang pernah kita pelajari selama ini. Setiap mata kuliah Keterampilan Interpersonal selalu memberikan kita pengetahuan, bagaimana cara kita bertingkah laku dikehidupan. Apalagi untuk materi 3 minggu terakhir dengan tema kepemimpinan, kita di ajari tentang bagaimana seorang Pemimpin yang baik karena pada dasarnya setiap orang itu adalah pemimpin ditambah lagi kuliah di Sistem Informasi dengan masa depan manager dan sederajat, kita dituntut untuk bisa mengatur tim kita untuk menjadi sukses. Adapun permainan pada minggu terakhir ini, antara lain :

1.      1,2,3,4,BUZZ (Goyang)

Dari judul apa sudah bisa ditebak permainannya apa? Ya, tepat sekali. Kita bermain, semua mahasiswa membentuk lingkaran besar fasil akan menunjuk secara acak siapa yang akan mulai ditunjuk. Ketika salah seorang ditunjuk, maka start penghitungan akan dimulai dari sana, lalu menghitung 1,2,3,4 dan ketika hitungan kelima maka orang yang mendapatkan akan mengucapkan Buzz dengan gaya yang unik dan gaya yang belum pernah digunakan oleh peserta lain, gayanya pun harus lucu kalau tidak lucu akan dihukum juga, adapun nilai yang dapat kita ambil dari permainan ini :

a.       Kesiapsiagaan

Ketika fasil menunjuk kita, maka kita harus langsung menghitung mulai 1, begitupun kalau ditunjuk teman pada giliran kita, kita harus siap. Terlebih jika kena hitungan kelima dengan mengucapkan Buzz, kita harus siap dengan gayanya yang unik.

Kesiapsiagan setiap saat harus kita rasakan, kemampuan seperti itu akan lebih membantu kita disaat keadaan mendesak atau kritis. Seperti terjadi tsunami, oleh karena itu banyak pelatihan-pelatihan agar kita mampu siap siaga saat gterjadi tsunami.

b.      Fokus, Konsentrasi, Serius

Tiga hal diatas merupakan dasar dari permainan ini, tanpa konsentrasi kita tidak akan fokus, tanpa fokus kita tidak akan bisa serius dan tanpa keseriusan kita tidak akan bisa konsentrasi. Dengan hal-hal yang disebutkan diatas maka kita akan tepat dalam melakukan kesalahan.

c.       Bertanggungjawab

Bagi yang salah menyebutkan, maka akan mendapat hukuman untuk maju ke depan. Mereka harus bertanggung jawab dengan perbuatan mereka (kesalahan mereka. Jika mereka melakukan suatu kesalahan, maka pastinya akan mendapat konsekuensi. Salah stu konsekuensi dalam game ini adalah berupa hukuman

d.      Kejujuran

Jika kita melakukan suatu kesalahan, kita harus berani mengakuinya. Kita tidak boleh malu. Karena malu adalah resiko yang akan kita alami kalau kita melakukan kesalahan. Berani melakukan kesalahan, harus berani menerima resiko.

e.       Berpikir kreatif dan keberanian.

Dalam memikirkan gaya ketika menyebutkan Buzz agar unik tidak ada yang sama kita harus bisa berpikir kreatif dan tentunya harus didukung dengan keberanian. Hal ini sangat bermanfaat untuk kehidupan seorang mahasiswa, cara berpikir kreatif yang harus selalu dilatih serta adanya keberanian untuk mengemukakan dan membuah suatu hasil yang memuaskan.

 

2.      WWW (What We Want)

“Kita cocok menjadi manager atau pegawai?”

Kita diberikan sebuah form untuk diisi yaitu pertanyaan yang manakah menjadi pilihan prioritas kita. Pada pilihan tersebut kita bisa menentukan kita cocok sebagai manager atau employe. Nilai yang bisa dipelajari, dari permainan ini adalah :

a.       Berusaha menjadi lebih baik

Dengan melihat apa yang menjadi gambaran kita nanti, dimana nanti yang akan menjadi target kita, kita bisa merubahnya menjadi yang kita inginkan sejak sekarang.

b.      Kita mampu mengetahui pola pikir kita

Dengan mengetahui ranking-ranking untuk menjadi manager atau pekerja, kita bisa menargetkan diri kita menajdi seperti apa.

c.       Setiap orang memiliki spesifikasi dalam bekerja. Ada yang lebih cocok menjadi manager misalnya, daripada menjadi karyawan. Maka kitapun harus bisa menyesuikan hal tersebut pada diri kita.

3.      Aye Aye Kapten

Kita diibaratkan berada di laut, kita satu tim harus menyeberang laut dengan hanya jalan diatas batu dan semua anggota kelompok harus sampai keseberang dengan hanya diberikan kertas A4 6 lembar sebagai batu. Banyak nilai yang bisa kita pelajari dari hal ini, yaitu antara lain :

a.       Strategi

Strategi yang matang akan membuat tim kita menjadi terarah siapa yang jalan duluan, siapa yang digendong dan banyak lagi strategi yang lain. Strategi harus disepahamkan dalam satu tim agar kita mampu sampai cepat dan semua selamat.

b.      Tidak egois

Dalam misi penyelamatan tersebut tidak boleh ada yang egois menyelamatkan dirinya sendiri, kita harus mampu empati dengan teman yang lain agar semua tim kita selamat. Saya ibaratakan kemarin itu batu benaran, kayaknya akan sangat banyak yang jatuh.

c.       Rasa Peduli

Kepedulian dalam kelompok harus ada, rasa tolong menolong teman yang kesusahan harus kita utamakan. Karena apabila ada satu tim saja yang jatuh itu akan merugikan tim kita juga. Kita harus sakit bareng sehingga mampu meraih kesuksesan bersama.

d.      Sportif

Jika tim kita mengalami kekalahan, kita harus sportif dalam menerima kekalahan tersebut, dan harus mengakui bahwa memang tim lawan memang lebih tangguh. Jangan menyalahkan keadaan jika tim kita mengalami suatu kekalahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s