FINAL PROJECT KETERAMPILAN INTERPERSONAL

Sabtu, 8 Januari 2011.

Finally, Keterampilan Interpersonal Outdoor berakhir di semester satu ini. Dengan 4 sks, kita telah berhasil melaluinya. Semoga semua nilai yang sudah ditanamkan pada diri kita mampu benar-benar tertanam, karena semua nilai yang sudah dipelajari akan mengantarkan kita pada titik kesuksesan kerja maupun menjadi individu yang lebih baik.

Final Project Keterampilan Interpersonal benar-benar membuat kita seperti berada pada film “Amazing Race” (lebay). Tapi memang begitulah gambaran final project mata kuliah Keterampilan Interpersonal outdoor Sistem Informasi ITS.

Kita melakukan perjalanan pada berbagai tempat yang ada di Surabaya, tergantung keberuntungan kita mendapatkan tempat di daerah mana. Tim Gukguk memperoleh tempat yang paling dekat yaitu Kebun Bibit. Perjalanan ini bukanlah seperti perjalanan biasa, kita dihadapkan pada berbagai keadaan yang memaksa kita untuk menyelesaikan permasalahan itu secara bersama satu tim.

Kasus.

Kita berkumpul di kampus Sistem Informasi tepat pada pukul 06.00 pagi, kitaberkumpul dan diberikan beberapa syarat dalam melakukan perjalanan, yaitu :

1.      Tidak boleh membawa uang atau ATM

2.      Tidak boleh membawa hp

3.      Satu tim hanya ada satu tas ransel

4.      Isi tas hanya : makanan dan minuman

5.      Setiap peserta membawa buku catatan dan pulpen

6.      Kartu peserta berupa fotokopi KTM dan KTP

7.      Surat jalan dari Kepala Jurusan Sistem Informasi

Kita satu tim melakukan perjalanan dengan hanya syarat di atas tetapi kita diberi modal Rp.5000/anak untuk melakukan perjalanan tersebut dan harus sampai ke kebun bibit, bagaimana pun usaha kita agar sampai ketempat tersebut dengan hanya uang yang tebatas. Kita harus menemui Fasil KI yang sudah menunggu disana, untuk Fasil yang penempatan di kebun bibit adalah Mba Farikhah Farkhani (5207 100 011). Ketika sudah bertemu dengan fasil yang ada disana, kita akan diberikan sebuah assignment yang harus diselesaikan dan hasilnya harus dibawa kembali ke Sistem Informasi tepat sebelum pukul 11.00

Perjalanan.

Tim Gukguk memulai perjalanan ketika sudah gilirannya, tim gukguk yang hari itu semua memakai merah terlihat sangat kompak, tim kita selama 1 semester ini terdiri dari :

1.       FAZA FAIKAR CORDOVA      (5210100003)

2.       TISSA RIFANTI      (5210100010)

3.       DESY GITAPRATAMA     (5210100017)

4.       ANUGRAH GRINANDA PRASETIYA     (5210100022)

5.       AMRINA FRISKA APRILIANA      (5210100033)

6.       MUHAMMAD AFAN ROSADI     (5210100045)

7.       FAISAL RIZAL RACHMAN     (5210100046)

8.       ARCHIE GUTAMA PUTRA     (5210100064)

9.       BURHANUDDIN HANANTYO     (5210100076)

10.   DONNY HARMALA JAYA     (5210100080)

11.   NUUR HAADY ROMADHAN     (5210100081)

12.   LUTFI ICHSAN EFFENDI     (5210100088)

13.   ANA NURJANAH     (5210100093)

14.   YOGANTARA SETYA DHARMAWAN     (5210100099)

15.   MUHAMMAD YORDANIS SALAM     (5210100104)

16.   JANUAR RANDRA SATRIAWAN     (5210100105)

17.   ANNIS PARAMITA DILLA    (5210100111)

18.   OLIVIA RENANDA     (5210100112)

 

Ketika mulai kita memikirkan berbagai alternatif perjalanan menuju kebun bibit, dari naik angkot, numpang pikep, dan berbagai cara lainnya. Kita berjalan dulu kearah Keputih, jalan bareng-bareng melewati kampus ITS sampai kita melihat mobil SKK (Satuan Keamanan Kampus) ITS, muncul ide kita untuk minta antar pakai mobil itu ke Kebun Bibit, kebetulan kebun bibit tidak begitu jauh dari ITS. Setelah mencoba minta izin kepada Kepala SKK, ternyata mobil SKK itu sudah peraturannya hanya berpatroli di intern kampus. Cara 1 gagal.

Kita terus saja berjalan, ketika melihat pikep lewat, kita langsung menahannya, lalu salah satu teman kita menanyakan “Mas, mau kemana?” ternyata jawaban orang itu “Keputih”. Rute yang sangat dekat. Lalu Cara 2 pun gagal.

Alternatif terakhir, minjem mobil keluarga. Kebetulan salah satu teman saya ada yang punya rumah dilingkungan kampus, dan kebetulan dirumahnya itu ada keluarga datang dan bisa borong anak-anak semua dengan 2 mobil menuju Kebun Bibit. Berhasil ^_^

 

Tugas.

 

Setelah sampai kebun bibit, kita sengaja meletakkan mobil jauh dari penglihatan Fasil, dengan niatan supaya tidak ketauan kita menggunakan mobil. Lalu kita jalan mutar kebun bibit, dan masuk kebun bibit. Dan akhirnya disana sudah ada fasil yang menunggu, beserta Kepala Jurusan, Bu Ninda dan Mas Adi. Kompleks !!! Peninggi-peniggi ada. Kita merasa sangat istimewa karena sudah ditunggu oleh mereka. Ternyata kita kelamaan. Kita sudah berasa cepat, ternyata ketika sampai Mba fasil kita ngomong, “Kok kalian lama, padahal kalian rute terdekat loh, anak-anak lain aja sudah 3 kelompok yang sampai kampus”. Kita bareng kaget semua !!!

 

Tugas selanjutnya, kita diberikan klu untuk menemukan letak amplop yang didalamnya sudah terdapat perintah apa yang harus kita lakukan selanjutnya. Ada 4 klu, semakin sedikit klu yang kita gunakan, semakin bagus nilai kelompok kita. Dan kita hanya menggunakan 2 klu, yaitu :

1.       Amplopnya terdapat disemua pohon yang ada di Kebun Bibit ini

2.       Terdapat pada pohon yang kembar

Setelah itu kita langsung saja mencari dengan berbagi tiap 2 orang menuju rute yang berlainan. Tetapi diantara kami ber-18, ada 2 orang anak yang pintar, mereka tidak jalan jauh seperti anak-anak yang lain, mereka malah mengawasi  gerak geriknya fasil kami kearah mana dia matanya selalu menuju, lalu kesanalah anak berdua itu berjalan. Tidak jauh dari tempat kami pertama berkumpul. Dan akhirnya ketemu, anak-anak yang lain sudah jauh hampir ke ujung kebun bibit mencari amplopnya.

 

Ketika satu tim sudah terkumpul dengan amplop yang sudah didapatkan, maka ketika dibuka amplop itu, ternyata tugas yang kami dapatkan adalah, membuat RUMAH SUSUN. Dengan semua bahan yang tersedia di alam, tidak boleh merusak tanaman, dipersilahkan mengambil sampah dan apapun yang bisa dibuat rumah susun. Rumah Susun tersebut harus diselesaikan dibuatnya dengan saksi Mba Fasil dan sampai kampus tetap bagus dan disaksikan lagi oleh Mba Fasil.

 

Kita memulai membuat rumah susun dan sebagian anak mencari barang apapun yang bisa dibuat dan dirangkai. Sekitar 30 menit selesailah “Rumah Susun ala Gukguk” dibuat.

 

Pulang.

 

Setelah selesai rumah susunnya, maka kita melanjutkan perjalanan kembali ke kampus Sistem Informasi dan pastinya dengan mobil yang tadi. Kita bergerak langsung pulang karena waktunya sudah mepet. Saat itu sudah pukul 10.30 , dan ternyata diperjalanan terjebak macet pula.Dan kebetulan yang bawa mobil pulang ini adalah teman saya yang cowok dengan bawa mobilnya yang ugal-ugalan dia mampu melewati kemacetan dengan sangat cepat, mobil yang satu karena disetir cewek jadi ketinggalan dibelakang. Sampailah mobil yang saya tumpangi ke Sistem Informasi lebih duluan. Ternyata disana memang sudah banyak anak yang berkumpul dan bercerita pengalaman masing-masing ketika diperjalanan. Kelompom kita saat itu adalah kelompok 4 terakhir yang sampai dikampus (Alhamdulillah, tidak terakhir). Kita berkumpul semua dan setiap perwakilan kelompok dipersilahkan meceritakan pengalaman sedih maupun yang menyenangkan ketika perjalanan.

 

Nilai Pembelajaran :

Sangat banyak nilai yang dapat kita ambil dari final project ini, dan disinilah semua pembelajaran yang kita peroleh selama ini dibuktikan. Nilai itupun antara lain :

 

Team Work

1.       Kerjasama Tim

2.       Musyawarah

3.       Strategi untuk Mencapai Tujuan

4.       Kekompakan Tim

5.       Keberanian Mengambil Resiko

6.       Kebersamaan Dalam Tim

7.       Kepedulian Sesama Tim

8.       Kejujuran Tim

9.       Tanggung Jawab Tim

10.   Kecepatan Menyelesaikan Setiap Permasalahan

 

Individual

1.       Semangat

2.       Ceria

3.       Menghormati Kesepakatan

4.       Kegigihan

5.       Berpikir Kritis Untuk Menemukan Ide Untuk Tim

6.       Disiplin dengan Tugas yang di Berikan dan Disiplin pada Keputusan Tim

7.       Mengendalikan Emosi pada saat Keadaan Melelahkan dan Situasi Genting

8.       Melatih agar Mental Menjadi Kuat

9.       Harus Respect dengan Lingkungan Sekitar

10.   Mau Berbagi Makanan dan Minuman (Tidak Pelit)

One thought on “FINAL PROJECT KETERAMPILAN INTERPERSONAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s