Keterampilan Interpersonal 7 : Team Work

Kuliah ketujuh sekaligus terakhir untuk tema kerjasama tim yang diadakan berturut-turut diluar ruangan untuk mata kuliah Keterampilan Interpersonal ini telah selesai. Tema tersebut diakhiri dengan Talented Show yang dilaksanakan dua kali pertemuan yaitu pada tanggal 26 Oktober 2010 dan 2 Nopember 2010, acara yang benar-benar melatih kreatifitas kita semua. Ujung dari kerjasama tim yang langsung diperlombakan menjadi puncak untuk kita membuktikan tim kita adalah yang terbaik. Dari hal tersebut banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil, antara lain :

1.      Puncak dari kinerja tim yang solid

Disini kita benar-benar diajarkan untuk bagaimana menjadi tim yang hebat. Memberikan yang terbaik untuk jadi yang terbaik, kita dilatih kekompakan, kita dilatih memusyawarahkan bagaimana menjadi terbaik dengan kekreatifan kelompok kita sehingga dari sanalah orang lain menilai kelompok kita, apabila hasil baik maka dari sanalah orang akan mengakui kinerja tim kita yang baik, apabila begitu maka orang lain akan mengakui keberadaan kita. Hal ini dapat terimplementasikan nanti pada saat sebuah perusahaan yang mempunyai tim yang ulet dan solid maka akn menghasilkan hal yang terbaik.

2.      Performance terbaik

Ketika menampilkan puncak dari proses yang kita ikuti selama ini, semuanya tentu saja melakukan yang terbaik. Dari sini kita belajar bahwa puncak dari apa yang kita lakukan selama ini harus diberikan yang terbaik, karena dari sanalah orang akan menilai puncak kesolidan kita. Kita misalkan saja pada saat TA, kita harus benar-benar memberikan yang terbaik karena apabilaTA kita buruk maka sia-sia semua yang kita lakukan 4 tahun kuliah kalaudiakhiri dengan tugas yang buruk.

3.      Keberanian menerima kekalahan

Dalam puncak performace tersebut pasti ada yang menang dan kalah dan ketika tim kita belum bisa memenangkan talented show tersebut maka kita harus berbesar hati untuk menerimanya. Kita dilatih untuk bersabar dan tegar, karena dalam posisi ini kita diberi kesempatan untuk mengoreksi apa yang kurang pada tim kita. Dan untuk selanjutnya selalu berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tim. Hal ini sangat berguna pada kehidupan yang semakin keras pada nantinya, dimana roda berputar kadang kita dibawah dan kadangkala kita diatas. Ketika roda kita berada dibawah dimana kita harus bisa tabah dan sabar menghadapi semua itu, hal itu sangat berguna dan kuliah ini benar-benar membuat mental kita kuat untuk bisa menerima semuanya.

4.      Melatih kita ketika menerima kemenangan

Ketika kita menjadi terbaik maka itu adalah hal yang perlu ditanggungjawabkan, dimana kita harus menjadi lebih baik dari yang kita berikan saat itu. Karena orang akan selalu memberikan dukungan apabila kita terus memberikan yang terbaik. Contohnya seperti kemarin tim ular yang terbaik maka merekan menampilkannya lagi di TP, dan hasilnya mereka semakin baik, maka gemuruh ucapan selamat dan dukunganpun mereka dapatkan. Hal ini bisa kita dapatkan apabila kiat selalu bisa menjadi yang lebih baik, walaupun kita sudah menang, kita tidak hanya terbuai dengan kemenangan karena hal itu merupakan sikap dimana seseorang tidak bisa menerima kemenangan. Tanggungjawab kemenangan harus kita laksanakan.

5.      Keberanian ketika dikritik

Ketika dipanggung juga tidak sedikit yang menerimakritikan pedas dari juri, disana kita harus bisa mengendalikan diri kita untuk tetap tegar. Dikala seolah-olah juri tidak menghargai sedikitpun hasil kerja yang sudah susah-susah kita kerjakan. Dari sana kita harus bisa menerimanya dengan keteguhan hati. Dan sikap inipun akan sangat berguna dikehidupan sehari-hari, ketika sekarang masyarakat sangat bebas mengemukakan pendapatnya, dimana suatu saat mungkin saja kita di kritik dengan sangat kejam, dari sana kita harus bisa bertahan dan bangkit dari keterpurukan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s