Keterampilan Interpersonal 6 : Team Work

Kuliah keenam diluar ruangan mahasiswa baru jurusan Sistem Informasi  ITS untuk mata kuliah Keterampilan Interpersonal pada tanggal 19 Oktober 2010 hari itupun kita banyak mendapat berbagai macam game dan seperti biasa setiap game mempunyai nilai yang dapat kita pelajari dan amalkan pada kelangsungan proses kuliah dan kehidupan sehari-hari. Disini saya cuma akan menjabarkan nilai-nilai tersebut :

1.      80:20

Disini kita membuat bundarann besar dan semua anak melakuakn perintah yang dlakukan, apabila instruktur mengatakan mba’ Lia makakita serempak menggerkan tangan kita untuk menghindar dan sekaligus menangkap tangan temanya. Disini kita benar melatih otak kiridan kanan untuk bergerak bareng. Adapun nilai-nilai yang dapat diambil adalah :

  • Disini kita dilatih untuk konsentrasi.

Dari sini banyak orang lebih konsentrasi untuk menghindar daripada menangkap sesorang. Padahal sebenarnya tidak ada resikoyang besar, dar sini kita dapat belajar ketika kita melakukan sebuah hal kita harus memikirkan resiko yang ada.

  • Dari sini kita belajar fokus.

Ketika instruktur berceria, dan sewaktu-waktu dia mengatakan Mba Lia maka kita harus bergerak. Kalau kita tidak fokus maka kita akan salah. Hal ini sangat penting untuk kehidupan, tanpa fokus maka setiap pekerjaan akan kacau.

  • Konsentrasi

Selain fokus kita juga harus konsentrasi untuk melakukan perintah, konsentrasi pada 1 instruksi. Konsentrasi atau fokus sangat berguna dalam dalam berbagai macam pekerjaan atau kegiatan. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan dalam 5 jam dengan pikiran yang konsentrasi dapat diselesaikan hanya dalam waktu dua jam saja. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan dalam satu minggu, dengan konsentrasi bisa dikerjakan dalam waktu dua hari saja. Dengan konsentrasi pekerjaan kita akan lebih cepat selesai. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga konsentrasi dengan baik. Memang menjaga konsentrasi pikiran itu sangat susah karena pikiran lebih mudah melayang-layang. Namun menjaga pikiran untuk fokus atau konsentrasi adalah hal yang dapat dilatih. Dengan pikiran yang terkonsentrasi dan terlatih dengan baik maka kita akan lebih banyak menghemat waktu.

  • Kesiapsiagaan

Kesiapsiagaan menangkap orang dan menyerang lawan kita, disini sangat dibutuhkan konsentrasi. Kesiapsiagaan adalah dimana ketika kita siap untuk digunakan atau untuk bertindak apapun itu. Kesiapsiagaan ini sangat diperlukan dalam kehidupan karena dengan kita selalu siap dengan apapun yang terjadi kita dapat meminimalisir dampak-dampak negative dihidup kita.

  • Kesiapan menghindar dari tangan orang lain, berarti kita harus bisa menghindarkan diri dari masalah.Kita harus bisa.
  • Jangan takut melakukan sesuatu hal.

2.      Yes But No

  • Kita harus menghargai pendapat orang
  • Menolak dengan lembut
  • Kesabaran apabila pendapat kita ditolak dengan kata iya,tapi
  • Harus memberi saran yang baik pada orang lain
  • Menstabilkan emosi apabila kita berdebat dengan orang lain tentang rencana kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s