Keterampilan Interpersonal 5 : Team Work

Kuliah kelima diluar ruangan mahasiswa baru jurusan Sistem Informasi  ITS untuk mata kuliah Keterampilan Interpersonal pada tanggal 12 Oktober 2010 hari itupun kita banyak mendapat berbagai macam game dan seperti biasa setiap game mempunyai nilai yang dapat kita pelajari dan amalkan pada kelangsungan proses kuliah dan kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai yang diperoleh dihari kelima ini sebenarnya sudah terangkum pada mind map di depan, disini saya cuma akan menjabarkan nilai-nilai tersebut :

1. Adu yel-yel

Dipertemuan kelima ini kita mulai dengan adu yel-yel, awal yang sangat menarik. Ketika kita yel-yel tersebut sangat banyak nilai yang dapat kita ambil dan pelajari, antara lain :

  • Kekompakan

Kekompakan dalam penampilan ini sangat penting  karena tanpa itu penampilan dari kelompok kita akan dirasa kurang menarik. Rasa kekompakan itupun sangat berguna nanti dikehidupan yang sebenarnya. Kita contohkan saja kekompakan dalam sebuah perusahan antara pemimpin dan karyawan sangat diperlukan agar mencapai keberhasilan dari perusahaan tersebut.

  • Keberanian

Saat maju kedepan untuk menampilkan yel-yel, kita belajar berani didepan orang. Dengan sikap tersebeut kita belajar untuk berani melakukan sesuatu hal, membuat sesuatu yang baru selaku agent of change. Rasa keberanian menghadapi tantangan harus kita miliki karena tanpa mental itu kita akan mudah menyerah di tantangan hidup yang semakin kejam ini. Dalam kuliah juga sangat diperlukan, karena mahasiswa kebanyakan sering mengeluh dengan tugas-tugas yang diberikan dosen begitu banyak. Oleh karena itu rasa keberanian menghadapi tantangan hidup harus kita miliki karena dengan itu kita bisa kuat dan cepat menyelesaikan kuliah dan bekerja. Keberanian bisa mejadikan sikap negatif menjadi positif, loyo menjadi semangat, takut jadi berani, pesimis menjadi optimis, miskin menjadi kaya, gagal menjadi sukses. Dengan menyadari akan besarnya kontribusi kekuatan keberanian pada kita, kita dapat memaksimalkan untuk : Berani menentukan cita-cita yang tinggi, berani bangkit lagi dari kegagalan, berani belajar dari kelemahan dan kesalahan, berani membayar harga untuk keberhasilan, berani memastikan untuk berjuang sampai sukses.

  • Percaya Diri

Ketika kitam tampil didepan tentu sebuah kesempatan yang sangat bermanfaat kare dengan begitu kita mendapatkan kesempatan untuk lebih belajar tentang kepercayaan diri dan mengeksplornya dihadapan orang banyak. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keberanian kita juga berbicara didepan orang banyak. Rasa percaya diri juga membantu untuk kita lebih mudah menjalani kehidupan, dengan begitukita selalu memberi kesempatan pada diri kita untuk menjadi yang terbaik, dalam bagian ini kepercayaan diri yang tidak berlebihan.

  • Keaktifan

Keaktifan disini maksudnya dimana kita ikut berperan aktif dalm membuat yel-yel maupun menyuarakannya dengan semangat. Dalam berdiskusi untuk menemukan ide dan membuat ide sangat diperlukan dalam kelompok. Jadi kita harus bisa aktif dalam kelompok tersebut. Orangaktif pasti tentunya akan berbeda dengan orang yang biasa-biasa saja, baik bagaimana orang mengenal kita maupun bagaimana orang lain memandang kita.

  • Keceriaan

Setiap game KI mengharuskan kita untuk selalu ceria,apalagi saat menampilkan yel-yel ini. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain. Sangat bahagia dan memuaskan hati, jika bisa membuat orang lain bisa merasa terhibur maka orang lain akan nyaman didekatnya dialah orang yang cerdas diri karena bisa beradaptasi dengan lingkungan dan bahkan membuat lingkungan kita nyaman dengan kita.

2.Game kedua adalah ditiap kelompok kita dibagi berpasang-pasangan dan tugas kita mendengarkan teman becerita tentang problem-problem yang dia hadapi dikuliah dan kita harus memberi dia solusi dari problem tesebut (Belajar menjadi konsultan). Sebenarnya mereka yang dianggap ahli dalam seni berkomunikasi awalnya adalah pendengar yang baik. Para pembicara dan pemimpin hebat yang berpengaruh, umumnya adalah orang-orang yang senantiasa membuka telinga mereka untuk mendengarkan berbagai hal. Mereka tahu betul apa manfaat mendengarkan orang lain bagi diri mereka sendiri. Pengusaha, Manajer, Karyawan, penjual dan bahkan customer service yang sukses adalah mereka yang lebih banyak mendengar dan sedikit berbicara lalu bertindak, daripada banyak berbicara, sedikit mendengar lalu bertindak. Mungkin itu sebabnya Tuhan memberi kita dua telinga tapi hanya satu mulut. Supaya kita lebih banyak mendengar, daripada hanya berbicara. Itu membuktikan bahwa manfaat mendengarkan sangat besar bagi kehidupan kita. Jadi manfaat mendengarkan orang lain bagi kehidupan kita, yaitu :

  • Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, misalnya pemimpin dalam suatu perusahaan, suatu hal yang penting untuk dilakukan adalah memberikan empati bagi orang lain. Empati disini maksdunya adalah ketika anda mendengar seseorang berbicara, ada 2 hal pokok yang harus anda ketahui yaitu fakta apa yang dia ceritakan dan bagaimana perasaan dia merasakan fakta tersebut, dengan 2 hal pokok ini anda tidak akan pernah kehilangan pokok pembicaraan, sehingga orang yang anda ajak berbicara akan merasa dihargai. Kemudian, ketika dia telah selesai berbicara, tunjukkan respon anda. Dalam menunjukkan respon posisikan diri anda seperti orang tersebut. Dan dalam melakukan respon sebaiknya tidak memandang masalah yang sedang dihadapi oleh orang tersebut dari sisi anda, lalu memberikan masukan, anda sebaiknya begini, anda sebaiknya begitu, itu adalah hal yang mungkin membuat orang yang anda ajak bicara merasa kurang dimengerti oleh anda.
  • Menjauhkan kita dari kesulitan, dengan menjadi pendengar yang baik, seseorang cenderung lebih teliti memperhatikan petunjuk, saran, peringatan sehingga terhindar dari kesulitan atau masalah akibat kelalaian yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Orang jarang sekali menjadi marah kepada seseorang yang menaruh perhatian kepada mereka. Hal ini sangat bermanfaat dihidup kita karena dengan begitu kita akan terhindar dari kesukaran. Misalnya saja, ketika dosen menjelaskan didepan kelas kita tidak ribut, maka kita akan terhindar dari amarah dosen kita karena mereka merasa dihargai.
  • Menerima banyak informasi, menambah wawasan. Banyak hal yang terjadi di sekitar kita. Semakin banyak kita mendengar  dan memahami suatu kejadian, semakin profesional kita karena kita belajar dari pengalaman. Semakin banyak informasi yang kita miliki, semakin luas wawasan kita. Begitu juga ketika kita belajar, tentu semua yang disampaikan dosen adalah ilmu yang bermanfaat tuk kita maka sangat rugi apabila kita tidak memperhatikannya. Hidup itu belajar. Segala sesuatu selalu terjadi di sekitar kita. Semakin banyak kita mendengar dan memahami suatu kejadian, semakin profesional kita karena kita belajar dari pengalaman orang-orang yang lebih mengetahui.
  • Membuat kita lebih bijaksana. Mendengarkan bukan hanya meningkatkan kecerdasan seseorang, melainkan juga membuat seseorang lebih bijak. Dengan banyak mendengarkan seseorang memiliki informasi lebih banyak dari orang lain. Dalam mengambil tindakan dan keputusan, mereka selalu berdasarkan informasi yang baik dan tepat yang pernah mereka dengar, sehingga tindakan yang pas tersebut tidak merugikan kita.
  • Membantu memahami orang lain. Adakah yang lebih penting dalam hidup ini ketimbang memahami kebutuhan, motivasi, serta nilai-nilai dari mereka yang berada di sekitar kita? Sangatlah penting mengetahui apa yang perlu dilakukan untuk membuat bawahan atau atasan memberikan tanggapan sesuai dengan keinginan kita. Adakah cara yang lebih baik untuk mengetahui apa yang dapat menggerakan seseorang selain daripada mendengarkan kita. Salah satu cara memahami orang lain adalah dengan mendengarkan apa yang dia bicarakan mengenai suatu masalah. Dengan mendengarkan pembicaraannya, kita bisa memahami bagaimana cara berfikirnya. Dengan mengetahui cara berfikirnya, maka kita bisa mengetahui bagaimana seharusnya kita bertindak, bersikap dan memposisikan diri.
  • Mendukung keberhasilan dalam bernegosiasi. Dua kunci untuk memperoleh apa yang kita inginkan dari orang lain adalah mengetahui apa yang ingin mereka berikan dan apa yang perlu dilakukan untuk membuat mereka memberikan lebih banyak lagi. Satu-satunya cara untuk mengetahui hal itu adalah mendengarkan, mendengarkan dan mendengarkan.
  • Mengurangi rasa marah orang lain. Tanggapan awal terbaik terhadap emosi dilakukan oleh telinga anda. Bila kita mendengarkan seseorang yang sedang marah, kita akan mengetahui sebab kemarahannya. Kemudian kita memperlihatkan empati, dan menyediakan ventilasi yang akhirnya membuat orang tersebut menjadi lebih rasional. Sangatlah bodoh untuk berusaha mengetahui dasar kemarahan seseorang sebelum kita dapat memahaminya, berempati kepadanya, dan meredakan kemarahannya.
  • Meningkatkan kualitas cinta dalam hidup. Salah satu ungkapan rasa cinta yang paling meyakinkan adalah dengan mendengarkan. Seseorang merasa dihargai dan dipedulikan ketika kita menaruh perhatian dan mendengarkan apa yang mereka ungkapkan. Cinta sangat penting dalam kehidupan ini, orang-orang akan senang didekat kita apabila mereka dikasihi, mencoba mendengarkan apa yang mereka bicarakan adalah satu dari perwujudan cinta tersebut.
  • Makin banyak informasi dan pengetahuan yang kita miliki tentang pekerjaan kita, makin berhasil kita melaksanakannya. Mendengarkan merupakan cara untuk memperoleh pengetahuan dan informasi lebih banyak daripada yang dipunyai orang lain (pendengar yang buruk). Hal ini sangat penting selaku kita sebagai mahasiswa, semakin banyak informasi yang kita miliki semakin kita dipandang orang berkualitas. Membuat diri kita tampak cerdas. Mendengarkan bukan hanya meningkatkan kecerdasan kita, melainkan juga membuat kita tampak cerdas.
  • Dengan mendengarkan apa yang dia bicarakan, kita harus bisa menilai karakter orang tersebut dari apa yang dia bicarakan. Kecerdasan seperti ini sangat penting dizaman sekarang, ketika kita bekerja kita harus bisa memahami karakter partner kerja kita agar kita tidak salah bertindak dan orang tersebut juga akan menyukai kita. Apabila partner kita menyukai segala yang ada pada diri kita, terutama misalnya orang yang akan kita ajak bekerjasama maka urusan kita juga akan lancar. Memahami karakter mereka sangat penting terutama bagi kita yang bekepentingan dengan meraka.

Dari permainan ini sebenarnya selain mendengarkan kita harus memberi solusi sebagai seorang konsultan. Konsultan adalah seorang tenaga profesional yang menyediakan jasa nasihat ahli dalam bidang keahliannya, misalnya IT,akuntansi, lingkungan, biologi, hukum, dan lain-lain. Mengidentifikasi dan mendiagnosis masalah. Kita datang kepada seorang konsultan karena kita memiliki masalah. Untuk masalah fisik, kita pergi ke dokter. Untuk masalah psikis, kita pergi ke psikolog atau psikiater. Untuk masalah hukum, kita mengunjungi ahli hukum. Untuk masalah keuangan, kita pergi ke konsultan keuangan. Jadi, seorang konsultan senantiasa bergelut dengan masalah para pelanggannya. Dari belajar menjadi konsultan, hal yang bisa kita pelajari yaitu :

  • Menawarkan opsi jalan keluar. Jika akar permasalahan sudah berhasil ditemukan, akan lebih mudah bagi seorang konsultan untuk menawarkan opsi jalan keluar ataupun penyembuhan dari masalah yang dihadapi pelanggan. Seorang konsultan yang baik umumnya tidak memaksakan satu opsi jalan keluar. Ia akan membantu pelanggan untuk memilih satu opsi dari beberapa alternatif jalan keluar yang ditawarkan.
  • Tiap alternatif diikuti dengan konsekuensi yang mengikutinya sehingga pelanggan lebih siap untuk memilih yang terbaik. Demikian pula dengan apa yang bisa kita lakukan di tempat kerja. Dalam memikirkan dan menawarkan jalan keluar, kita harus mempertimbangkan berbagai aspek yang terkait dalam tiap solusi agar solusi bisa dijalankan dengan sukses.
  • Jika kita bisa diandalkan untuk memberikan jalan keluar, pasti kita akan mendapat perhatian dan dukungan dari banyak orang untuk meraih sukses. Misalnya, jika kita bergerak di bidang asuransi, tawarkanlah berbagai opsi perlindungan untuk masa depan (perlindungan terhadap kesehatan, hari tua, pendidikan anak). Jika kita bergerak di industri sepatu olahraga, tawarkanlah opsi berolahraga dan bergerak dengan nyaman dan sehat melalui sepatu yang kita produksi.
  • Masalah adalah kesempatan. Mendengar kata masalah saja, banyak orang sudah gemetar. Jika mungkin, banyak orang yang ingin lari saja dari masalah, atau jika masalah tidak terhindarkan, masalah tersebut disembunyikan dari publik. Tidak demikian dengan seorang konsultan. Konsultan bahkan ”hidup” dari masalah. Bagi seorang konsultan, masalah adalah kesempatan yang membuka jalan untuk berbisnis dan meraih sukses. Jadi, ketika menghadapi masalah, seorang konsultan akan tertantang untuk menyelesaikannya. Sukses seperti seorang konsultan, tidak takut terhadap masalah. Solusi adalah keunggulan. Jika masalah adalah kesempatan untuk berbisnis guna meraih sukses, maka bagi seorang konsultan, solusi adalah ”keunggulan” yang bisa ditawarkannya bagi pelanggan. Jadi, solusi memegang peran penting dalam berbinis.
  • Pentingnya peranan sebuah solusi yang ditawarkan, menjadikan seorang konsultan menaruh perhatian besar untuk senantiasa menawarkan solusi yang unggul, yang lebih unggul dari para pesaingnya di industri yang sama. Untuk itu, seorang konsultan bersedia mendedikasikan tenaga, pikiran, dan sarana untuk mendapatkan solusi yang terbaik bagi masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Demikian pula dengan kita yang ingin meraih sukses. Kita harus berusaha menawarkan solusi yang terbaik (bukan yang biasa-biasa saja).
  • Banyak pengetahuan karena pengetahuan adalah aset. Agar dapat menawarkan solusi yang unggul, diperlukan pengetahuan yang kaya terhadap setiap permasalahan yang dihadapi. Jadi, pengetahuan harus senantiasa di-upgrade (diperbarui, dilengkapi, dan ditingkatkan), agar keunggulan dalam memberikan solusi bisa selalu terjaga dengan pembelajaran berkelanjutan. Banyak yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pengetahuan, antara lain: bergabung dengan 10% yang terbaik di bidang yang kita tekuni, membaca berbagai jenis bacaan yang langsung terkait dengan bidang kita, menghadiri berbagai diskusi, pelatihan, seminar yang menunjang keahlian kita, ataupun bersikap terbuka untuk belajar dari orang lain. Semakin banyak pengetahuan kita, semakin luas wawasan kita, semakin tajam analisis kita, maka semakin unggul solusi yang kita tawarkan. Dengan demikian semakin percaya orang lain akan kualitas kita untuk menawarkan solusi.
  • Saat memberi solusi kita banyak bertanya pada pasangan kita. Pertanyaan adalah senjata. Bagi seorang konsultan yang senantiasa bergelut dengan berbagai masalah yang dihadapi oleh kliennya, pertanyaan adalah senjata yang ampuh untuk mendapatkan solusi. Seorang konsultan akan terus bertanya ”Mengapa?” tidak hanya satu kali, tetapi beberapa kali, sampai tidak ada lagi yang bisa dipertanyakan. Setiap pertanyaan membuka kesempatan untuk menemukan alternatif jalan keluar. Pertanyaan bisa ditujukan pada diri sendiri, orang lain, ataupun pelanggan. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini menjadikan segalanya lebih jelas, sehingga lebih mudah untuk menyusun strategi mencari jalan keluar.
  • Sikap ”ingin tahu” yang melahirkan serentetan pertanyaan perlu kita adopsi untuk melengkapi kita dengan senjata pengetahuan yang unggul.
  • Kepercayaan adalah modal usaha. Kepercayaan adalah modal utama dari sebuah usaha konsultasi. Tanpa adanya rasa percaya pelanggan pada konsultan, usaha ini akan hancur. Masyarakat akan menghubungi seorang konsultan, karena ada rasa percaya pada konsultan tersebut. Untuk itu, seorang konsultan akan senantiasa memupuk kepercayaan dengan bertindak profesional dan menunjukkan integritas yang tinggi. Ia tidak akan berbohong hanya untuk mendapatkan uang semata. Ia juga tidak akan mengorbankan kualitas karena mengejar kuantitas ataupun target bisnis semata. Jika memang ada masalah yang sulit diselesaikannya sendirian, pasti ia akan merekomendasikan klien untuk menghubungi ahli lain yang bisa membantu klien tersebut. Konsistensi dalam perkataan dan perbuatan juga dilakukan untuk memupuk kepercayaan. Demikian pula dengan kita di tempat kerja. Untuk membuat orang lain mendukung kita, kita perlu menjadikan kepercayaan sebagai modal usaha. Menurut Brian Tracy, seorang konsultan bisnis yang sukses, kita sebaiknya jangan pernah melakukan atau mengatakan sesuatu yang tidak kita yakini sebagai hal yang benar, baik, dan jujur.
  • Kita juga dianjurkan untuk tidak mengkompromikan integritas kita demi apa pun, dan agar kita bertindak sesuai dengan standar tertinggi yang kita kenal. Jadi, untuk meraih sukses, kita perlu mengambil keputusan untuk secara konsisten menjunjung tinggi integritas kita yang dapat menumbuhkan kepercayaan orang lain pada kita.
  • Apa pun bidang usaha yang kita tekuni, apa pun produk ataupun jasa yang kita tawarkan, kita perlu mengadopsi sikap seorang konsultan dan prinsip dasar yang diterapkannya. Dengan bertindak sebagai seorang konsultan, kita bisa meraih sukses dengan menjadikan produk dan jasa yang kita tawarkan bukan semata sebagai ”barang dagangan”, tetapi sebagai solusi atas masalah yang dihadapi pelanggan.

3. Setelah mendengarkan, giliran kita yang bercerita kepada pasangan kita. Dan pasangan kita juga harus bertindak sebagai seorang konsultan dengan memberikan solusi atas permasalahan kita. Dari kita berbicara dengan orang lain, kita dapat mengambil nilai kehidupan, yaitu:

  • Ketika berbicara juga ita harus melihat kondisi dan harus mengkondisikan suasana yang nyaman, kita harus bisa mengerti bagaimana reaksi lawan bicara kita. Bisa saja mereka mulai bosan dengan topik yang kita bicarakan, maka kita harus bisa mengembalikan suasana dengan mencari topik pembicaraan yang enak. Hal tersebut sangat penting supaya apa yang ingin kita bicarakan tersampaikan. Contohnya saja ketika kita bekeperluan dengan dosen, ketika kita menemui mereka kita berbicara makasebelum berbicara tersebut kita harusliat dulu mood dosen, kita harus mengerti hal tersebut agar sesuatu yang seharusnya memudahkan kita bukan malah menjadi masalah. Ketika berbicara juga kita tidak harus serius terus adakala nya kita kasih lelucon sedikit buat menghangatkan suasana keakraban, disamping harus tetap melihat sikon orang yang kita ajak bicara.
  • Belajar bersikap yang baik, hangat dan lembut kepada orang yang kita ajak bicara agar dia mau mendengarkan semua pembicaraan kita. Sikap tersebut juga harus selalu diamalkan setiap hari, karena tidak ada orang yang tidak suka dengan orang yang baik.
  • Dari semua nilai-nilai yang kita dapat dalam berbicara sekaligus kita juga dapat melatih diri kita agar mampu berbicara dihadapan orang-orang banyak sekaligus dengan memperhatikan nilai yang kita dapat, maka kita akan mampu berbicara dengan baik di forum, ketika penyampaian pidato, dll.

4. Desainer

Digame ini kita disediakan kertas warna, warni, koran, gunting dan lem. Semua peralatan itu sebagai modal kita untuk mendesain sebuah pakaian yang digunakan untuk sepasang model. Kita harus bisa memanfaatkan perlengkapan yang disediakan, dengan modal yang sedikit tersebut kita harus bisa menjadi yang terbaik. Disini kita belajar merancang sebuah model pakaiandan cara mempromosikannya. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari hal ini, selain untuk merancang, bagi seorang model juga mereka harus menurut dengan apa yang di siapkan oleh perancangnya, dan bagi seorang desainer mereka belajar menjelaskan didepan umum tentang model pakaian mereka, bertema apakah dan apa tujuannya. Adapun nilai kehidupan yang dapat kita pelajari disini, antara lain:

  • Kreatif, imajinatif, inovatif

Seorang desainer (pengusaha) harus memiliki sikap kreatif, imajinatif, inovatif. Kreatif dengan selalu menghasilkan hal-hal yang beda dari yang lain, imajinatif dalam menciptakan hal-hal yang baru, serta inovatif dalam bersaing. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pada era globalisasi ini persaingan dalam segala bidang semakin ketat. Apalagi dalam dunia ekonomi dan bisnis, semakin hari persaingan menjadi semakin ketat. Tidak ada cara lain untuk bertahan dan memenangkan persaingan kecuali dengan mengembangkan sikap kreatif dan inovatif. Dengan bersikap kreatif dan inovatif, kita akan menjadi “beda” dengan yang lain, menjadi unik dan akan berpotensi menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis dan usaha yang semakin ketat. Sikap kreatif dan inovatif pada dasarnya dimiliki oleh setiap orang, namun tidak semua orang mampu mengembangkannya. Untuk bisa mengembangkan sikap kreatif dan inovatif diperlukan suatu kesungguhan dan ketekunan.

Imajinasi sangat diperlukan oleh manusia untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Pada umumnya banyak orang yang mengartikan imajinasi sebagai daya khayal. Pengertian imajinasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu sebagai daya pikir untuk membayangkan (dalam angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dan sebagainya) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang atau dapat juga diartikan sebagai khayalan. Karena kesuksesan semuanya berawal dari sebuah mimpi dibarengi dengan kerja keras.

  • Rasa bersaing. Seorang desainer (pengusaha) harus mempunyai jiwa pesaing, karena itu sangat penting dijaman yang serba ada seperti sekarang ini. Jiwa tersebut adalah modal utama untuk selalu menjadi yang terbaik dalam usaha mereka. Persaingan disini tentunya mengajarkan bentuk persaingan sehat. Sikap bersaing positif adalah sikap yang seharusnya dibiasakan untuk menghadapi era globalisasi yang penuh persaingan. Kemampuan bersaing merupakan salah satu perwujudan rasa percaya diri. Sikap bersaing secara sehat. Setiap orang pada dasarnya akan terlibat dalam persaingan untuk meningkatkan kemampuan dan membuat karya yang lebih berkualitas. Persaingan itu sendiri akan menjadikan dinamika yang indah apabila didasari dengan hal-hal yang positif.
  • Pemikiran yang jauh kedepan

Seorang desainer harus bisa meramalkan masa depan, karena dengan begitu dia bisa menentukan target apa yang akan menjadi trend dimasa akan datang. Dengan berpikiran jauh kedepan maka dia juga akan lebih maju dibanding yang lain. Kitabuktikan saja dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard, menemukan bahwa hanya ada satu kunci perilaku yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang khususnya mencapai kebebasan finansial. Berdasarkan penelitian, faktor tersebut adalah Time Perspective. Time Perspective bisa diartikan mempertimbangkan faktor-faktor penting dalam mengambil sebuah alternatif keputusan yang sangat penting dalam kehidupan kita dengan cara berpikir jauh ke depan (masa akan datang). Hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa ternyata orang-orang kaya atau orang sukses (Milyuner) memiliki cara berpikir yang selalu melihat jauh ke masa depan atau mungkin bisa dikatakan visioner dan mereka juga selalu melakukan penyesuaian (adjustment) terhadap kebiasaan mereka sehari-hari untuk memastikan agar mereka dapat mencapai tujuan jangka panjang yang telah ditentukan. Orang sukses tidak akan mudah menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna. Hanya orang yang bijaksana dalam menghabiskan waktunya akan mendapatkan kesuksesan dalam hidup. Milyuner menggunakan waktu mereka sebaik-baiknya. Mereka menggunakan hari, minggu, bulan, tahun (waktu yang mereka miliki) untuk selalu meningkatkan keahlian dan kemampuan mereka atau selalu menambah pengalaman mereka sesuai apa yang mereka impikan. Rata-rata mereka yang saat ini telah menjadi milyuner memiliki cara berpikir 10, 15, 20, atau beberapa puluh tahun jauh ke depan. Sebaliknya, orang-orang yang memiliki cara berpikir yang pendek umumnya hanya memikirkan kesenangan sementara (jangka pendek). Mereka tidak mampu menunda kesenangan. Mereka tidak mampu memilih mana kebutuhan dan mana keinginan

  • Keterampilan Interpersonal

Saat seorang desainer menjelaskan karyanya maka disini sangat dilatih keterampilan interpersonal, keterampilan dimana kita bisa berbicara depan umumdengan baik. Keterampila interpersonal juga bisa diartikan keinginan untuk mengerti orang lain, kemampuan untuk mendengar dan mengerti secara akurat pikiran, perasaan masalah orang lain yang tidak terucap atau tidak sepenuhnya tersampaikan, dapat memahami kelebihan dan kekurangan orang lain serta dapat memperidiksi perilaku orang. Jadi keterampilan interpersonal adalah sebuah komunikasi efektif yaitu keterampilan yang mendorong peningkatan kinerja seorang professional, bisa tercermin juga dari penampilan  sehari-hari dan perkembangan karirnya orang yang positif thinking dan percaya diri.

  • Menarik

Seorang desainer dalam mempromosikan karyanya tentu saja harus bisa menarik pelanggan. Baik dari tampilan kita ataupun dari kita menyampaikan dan berbicara. Kita harus bisa menarik perhatian orang lain, hal ini bertujuan agar pendengar merasa asyik dan tidak merasa bosan mendengarkan kita saat mempromosikan karya kita. Keasyikan pendengar bermula dari adanya rasa tertarik. Oleh karena itu, pembicara harus berusaha memunculkan hal-hal yang menarik perhatian pendengar. Seorang desainer tentunya juga haru berpenampilan menarik (sopan, rapi, berpendidikan), bagaimana bisa kita mendesain pakaian untuk ditampilkan tapi malah desainernya saja berpenampilan tidak menarik. Nah disinilahkita belajar untuk bisa menyesuaikan keadaan tersebut dengan sebisa mungkin membuat orang (pendengar) tertarik dengan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s