Keterampilan Interpersonal 2 : Manajemen Diri

MANAJEMEN STRES

Stress adalah tantangan terbesar dalam hidup sekarang ini. Sumber-sumber stress ada banyak tetapi cara-cara yang menolong untuk mengurangi stress juga tidak sedikit. Gejala-gejala umum karena stress ada berbagai macam, termasuk di dalamnya adalah sakit kulit, impoten, pembengkakan usus, tekanan darah tinggi, insomnia dan frustasi. Kita tidak perlu mengkhususkan waktu untuk mengurangi stress, kita perlu untuk melakukan beberapa strategi dalam keseharian kita untuk mencegah stress dan mengurangi efeknya pada tubuh.

Stres biasanya disebabkan oleh beberapa faktor atau sumber :

1.      Faktor dari Dalam Diri

  • Watak kita sendiri
  • Keadaan yang tidak selaras dengan personality kita
  • Keperluan dan Kemauan
  • Kelemahan dalam Komunikasi dan Bahasa

2.      Faktor dari Luar Diri

  • Sosial, Tempat Kerja dan tempat kuliah
  • Hubungan dengan Keluarga
  • Lingkungan sekitar

 

Empat variabel psikologik yang dianggap mempengaruhi mekanisme respons stres (Papero, 1997) :

1.      Kontrol: keyakinan bahwa seseorang memiliki kontrol terhadap stresor yang mengurangi intensitas respons stres.

2.      Prediktabilitas: stresor yang dapat diprediksi menimbulkan respons stres yang tidak begitu berat dibandingkan stresor yang tidak dapat diprediksi.

3.      Persepsi: pandangan individu tentang dunia dan persepsi stresor saat ini dapat meningkatkan atau menurunkan intensitas respons stres.

4.      Respons koping: ketersediaan dan efektivitas mekanisme mengikat ansietas dapat menambah atau mengurangi respons stres.

Tipe Kepribadian yang Rentan Stres :

1.      Ambisius, agresif dan kompetitif (suka akan persaingan).

2.      Kurang sabar, mudah tegang, mudah tersinggung dan marah (emosional).

3.      Kewaspadaan berlebihan, kontrol diri kuat, percaya diri berlebihan (over confidence)

4.      Cara bicara cepat, bertindak serba cepat, hiperaktif, tidak dapat diam.

5.      Bekerja tidak mengenal waktu (workaholic).

6.      Pandai berorganisasi, memimpin dan memerintah (otoriter).

7.      Lebih suka bekerja sendirian bila ada tantangan.

8.      Kaku terhadap waktu, tidak dapat tenang (tidak rileks), serba tergesagesa.

9.      Mudah bergaul (ramah), pandai menimbulkan perasaan empati dan bila tidak tercapai maksudnya mudah besikap bermusuhan.

10.  Tidak mudah dipengaruh, kaku (tidak fleksibel).

11.  Bila berlibur pikirannya ke pekerjaannya, tidak dapat santai.

12.  Berusaha keras untuk dapat segala sesuatunya terkendali

 

Puncak Stress atau Tekanan

Puncak tekanan atau stress adalah faktor yang menyebabkan tekanan wujud dalam diri seseorang. Puncak tekanan itu boleh terjadi di sebabkan oleh peristiwa dalam kehidupan, pemikiran, dan keinginan diri yang belum tercapai.Puncak-puncak terjadinya tekanan boleh di kategorikan kepada faktor biologi, psikologi, social, dan spiritural.

 

Untuk Program saya untuk menangani Stres.

Sumber-sumber stres dari luar diri saya pribadi, contohnya :

1.      Praktikum ALPRO

2.      Belum bisa Coding dan membuat Flowchart

3.      Tugas-tugas ALPRO

4.      Hafalan Agama

5.      Masalah dengan pacar

6.      Homesick

7.      Tidak ada tempat curhat secara langsung

8.      Situasi lingkungan baru yang belum cocok

9.      Sikap-sikap senior yang acuh

10.  Kamar berantakan

11.  Makan tidak teratur

12.  Sakit-sakitan

Sumber-sumber stres dari dalam diri saya pribadi, lebih cenderung kepada pola pikir dan semangat saya untuk menjalani kehidupan ini. Contohnya :

1.      Rasa pesimis

2.      Banyak hal yang menuntut diri saya seperti : Harus bisa berprestasi, harus bisa cepat selesai kuliah, harus pandai, harus bisa masuk organisasi, harus mengerti banyak hal, harus banyak informasi, harus menghemat uang, harus bisa selalu beraktivitas dengan maksimal

3.      Banyak hal yang membuat saya cemas, misalnya : Kalah pintar, nilai UTS dan tugas jelek, tidak bisa menyeimbangkan kemampuan dalam mengerti pelajaran dibandingkan teman-teman.

Adapun langkah sederhana saya dalam mengurangi Stres :

  • Memperjelas tujuan hidup saya
  • Mandi dengan air panas
  • Berolahraga
  • Curhat tentang masalah pribadi pada teman dan minta motivasi
  • Meminum multivitamin atau menjaga kesehatan
  • Be happy
  • Belajar mencintai mata kuliah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s