Keterampilan Interpersonal 4 : Team Work

Kuliah keempat diluar ruangan mahasiswa baru jurusan Sistem Informasi  ITS untuk mata kuliah Keterampilan Interpersonal pada tanggal 5 Oktober 2010 hari itupun kita banyak mendapat berbagai macam game dan seperti biasa setiap game mempunyai nilai yang dapat kita pelajari dan amalkan pada kelangsungan proses kuliah dan kehidupan sehari-hari. Adapun nilai-nilai yang saya maksud, antara lain :

1.      Game pertama yang kami ikuti adalah Simon berkata, ini adalah pemanasan untuk KI dipertemuan keempat ini. Instruktor akan berkata Simon berkata bergerak satu langkah kedepan maka kita semua harus bergerak satu langkah kedepan, banyak nilai yang bisa diambil dari sini, selain itu ketika instruktor memberi aba-aba tanpa mengucapkan simon berkata terlebih dahulu maka apabila kita bergerak maka kita akan mendapat hukuman, nilai tersebut antara lain:

  • Kebenaran bertindak

Ketika harus melaksanakan perintah dari simon, maka kita harus bergerak sesuai perintahnya, disini kita sangat dituntut untuk bertindak dengan bener karena apabila tidak sesuai maka kita mendapat hukuman. Kebenaran bertindak sangat banyak contohnya dikehidupan sehari-hari, kita bisa mengaplikasikannya untuk semua hal. Apapun yang kita lakuakan harus benar dan setidaknya meminimalisir kesalahan, apabila hal tersebut dipelajari sejak dini maka nanti setelah bekerja kita akan bisa merasakan manfaatnya, ketika ada sebuah intruksi mengatakan begitu maka kita harus lakukan dengan benar, agar pekerjaan kita dapat dipercaya orang. Hal seperti ini juga akan mendukung rancah dunia kerja kita juga. Dalam game ini dilatih untuk benar dalam melaksanakan instruksi dari simon.

  • Patuh

Patuh yang dimaksud disini adalah ketika simon memerintahkan suatu hal maka kita harus melaksanakannya. Sikap patuh sangat dibutuhkan dihidup ini, karena tanpa kepatuhan tata kehidupan di Negara ini akan kacau, seperti itu juga kehidupan di ITS dan khususnya SI kita harus patuh pada peraturan yang ada untuk ketentraman dan ketertiban kampus. Kepatuhan menumbuhkan disiplin pada pribadi masing-masing. Semua peraturan yang ada tentunya untuk kemashalatan umat juga danpasti memberikan manfaat, karena sangat lucu kalau ada orang yang selalu melanggar peraturan karena ketidakpatuhannya, sesungguhnya orang seperti itu adalah orang yang merugi.

  • Tidak mudah mempercayai orang

Disini terkadangkala instruktor menipu kita dengan memebri aba-aba tanpa itu sebuah perintah dari simon, banyak anak yang tertipu gara-gara ini, makanya dari itu kita harus teliti dengan tidak menelan bulat-bulat apa yang dikatakan instruktor. Kita harus bisa menyaring yang mana benar.Orang yang terlalu mudah percaya di zaman sekarang ini maka akan sangat merugi, dizaman yang sekejam sekarang ini banyak oarang yang menipu. Kita harus bisa menghindarkan diri dari tipuan-tipuan tersebut.

  • Konsentrasi

Konsentrasi disini adalah ketika instruktor menyebutkan sebuah perintah maka kita harus benar-benar mendengarkan. Konsentrasi sangat dibutuhkan untuk sehari-harikarena tanpa konsentrasi maka tata kehidupan kita akan kacau. Konsentrasi atau fokus sangat berguna dalam dalam berbagai macam pekerjaan atau kegiatan. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan dalam 5 jam dengan pikiran yang konsentrasi dapat diselesaikan hanya dalam waktu dua jam saja. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan dalam satu minggu, dengan konsentrasi bisa dikerjakan dalam waktu dua hari saja. Dengan konsentrasi pekerjaan kita akan lebih cepat selesai. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga konsentrasi dengan baik. Memang menjaga konsentrasi pikiran itu sangat susah karena pikiran lebih mudah melayang-layang. Namun menjaga pikiran untuk fokus atau konsentrasi adalah hal yang dapat dilatih. Dengan pikiran yang terkonsentrasi dan terlatih dengan baik maka kita akan lebih banyak menghemat waktu.

  • Kesiapan

Kesiapan disini adalah ketika instruktor meminta perintah apapuna maka kita harus menyiapkan diri dengan apapun itu perintah. Kesiapsiagaan adalah dimana ketika kita siap untuk digunakan atau untuk bertindak apapun itu. Kesiapsiagaan ini sangat diperlukan dalam kehidupan karena dengan kita selalu siap dengan apapun yang terjadi kita dapat meminimalisir dampak-dampak negative dihidup kita. Contohnya dalam perkuliahan kita belajar harus mendahului dari yang diajarkan dosen dikelas, jadi ketika pelajaran itu diberikan dikelas maka kita sudah menyiapkan semua sehingga memudahkan kita untuk mengerti dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Selain dunia perkuliahan, kesiapan sangat diperlukan dalam segi aspek seperti apapun, dari semua aspek kita harus siap menghadapi resiko dan akibatnya, oleh karena itu kesiapan disini juga bermanfaat untuk kita meminimalisir kesalahan dengan segala persiapan yang sudah sejak lama kita siapkan.

  • Perhatian

Kita harus selalu memperhatiakn instruktor dan kita juga harus selalu bisa memantau keadaaan sekitar. Perhatian seseorang tidak bisa dipisahkan dengan konsentrasi. Semua orang mengetahui seberapa penting “Daya Konsentrasi Dan Tingkat Perhatian”. Yang sangat diperlukan dalam mendukung aktivitas sehari-hari agar tujuannya bisa dicapai dengan sukses. Apakah dia pelajar, karyawan, usahawan, atau atlet atau bahkan seorang ibu rumah tangga. Daya konsentrasinya akan menentukan tingkat kesuksesan yang bisa dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Dengan “daya konsentrasi dan perhatian” yang baik, tugas menjadi mudah. Bisa terencana dan diselesaikan dengan baik. Dan tentu saja kesempatan mendapatkan kesuksesan di hari-hari berikutnya semakin besar.

Berkonsentrasi dan memperhatikan apa yang sedang anda lakukan adalah salah satu kunci kesuksesan. Sedang tidak perhatian dan tidak fokus pada apa yang anda kerjakan akan berakibat kacaunya kegiatan anda hari ini, lalu bagaimana dengan hari esok?

Agar kita sukses maka kita harus mampu memusatkan pikiran dan perhatian mereka pada tugas-tugasnya dan tujuan hidupnya. Siang dan malam mereka fokus dan memperhatikan pekerjaannya tugasnya hingga tercapai apa yang dicita-citakan. Baik itu bersifat duniawi (seperti: uang, kepopuleran dan kekayaan) maupun ukhrowi (seperti: pencerahan, kedekatan dengan sang Pencipta, ketaatan ibadah dll).

  • Mengurangi kepentingan pribadi

Dalam permainan seperti ini tidak saatnya kita hanya mengutamakan kepentingan pribadi kita, karena kita harus bisa menyesuaikan dan menyeimbangkan dengan orang lain, apabila ia hanya mementingkan kepentingan dia sendiri maka tentu saja akan merugikan banyak orang,ketika seseorang yang sebenarnya salah tapi tidak mengakui kesalahan tersebut. Seseorang yang selalu mementingkan dirinya sendiri adalah ciri dari orang yang kapitalis. Kata seperti ini sering kita temui pada sistem ekonomi sebuah negara, dan tentu saja sistem tersebut mencerminkan sikap masyarakatnya sendiri. Kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Sistem kapitalis jika diibaratkan seperti tubuh manusia, dimana rasa sakit yang diderita oleh satu jari tangan maka akan meyebabkan rasa sakit secara lahir dan batin diseluruh tubuh. Tapi jika jari tersebut disematkan cincin berlian, apakah bagian tubuh yang lain akan merasakan efeknya secara langsung? Apakah mata yang setiap saat menjaga jari agar tidak luka, terbakar dan sebagainya akan merasakan efeknya? Apakah hidung yang setiap saat memelihara jari melalui indra penciuman akan merasakan efeknya? Apakah mulut yang merupakan alat untuk memasukan sumber energi bagi jari akan merasakan efeknya? Demikian juga dengan bagian tubuh lainnya. Maka sifat kapitalisme sangat merugikan banyak orang.

2.      Simpul Kuat

Dalam game ini kita diberi satu tali rafia panjang dengan pasangan kita, setelah sudah dapat pasangan masing-masing di sebuah tim, maka tali tersebut harus disatukan agar menjadi simpul yang kuat. Setelah simpul sudah sangat kuat, kesalnya simpul yang sudah kuat tersebut harus dilepaskan sampai kita kembali lagi pada posisi semula dengan pasangan pertama. Permainan ini adalah cara yang bagus untuk sekelompok orang belajar untuk bekerja sama. Kita harus bekerjasama untuk menyelesaikan tantangan ini. Titik beratnya ketika banyak perdebatan dan kekesalan ketika disuruh untuk melepas tali itu lagi, disini sangat dilatih kesabaran dan konsentrasi dalam menyelesaikan tantangan. Biasanya akan memakan waktu untuk mencari tahu bagaimana untuk melepaskan simpulnya. Dipermainan ini sangat dibutuhkan beberapa nilai dan nilai yang dapat dipelajari dari permainan ini pun sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Nilai tersebut antara lain :

  • Kerjasama

Untuk membuat simpul tentu diperlukan kerjasama semua anggota, dengan kerjasama yang handal maka akan terbentuk tim yang hebat pula. Dan ketika melepaskan simpulnyapun kita sangat membutuhkan kerjasama dengan semua anggota. Kerja sama atau belajar bersama adalah proses beregu (berkelompok) di mana anggota-anggotanya mendukung dan saling mengandalkan  untuk mencapai suatu hasil mufakat. Ruang kelas suatu tempat yang sangat baik untuk membangun kemampuan kelompok (tim), yang kita butuhkan kemudian di terapkan dalam kehidupan. Ketika seseorang berkerjasama untuk memecahkan suatu masalah maka pandangan dan interprestasi masalah yang berbeda ditambah kenyataan dan pengetahuan yang berbeda akan menciptakan solusi yang lebih baik. Jadi sikap kerjasama sangat dibutuhkan dikehidupan sehari-hari tidak terlepas bahwa manusia adalah makhluk sosial dan dengan bekerjasamalah salah satu hubungan yang baik antar makhluk sosial tersebut.

  • Pemimpin dalam tim

Dalam sebuah tim pemimpin itu sangat dibutuhkan karena fungsi pemimpin dalam suatu organisasi tidak dapat dibantah merupakan sesuatu fungsi yang sangat penting bagi keberadaan dan kemajuan organisasi tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, organisasi, perusahaan sampai dengan pemerintahan sering kita dengar sebutan pemimpin, kepemimpinan serta kekuasaan. Ketiga kata tersebut memang memiliki hubungan yang berkaitan satu dengan yang lainnya. Pemimpin adalah orang yang mendapat amanah serta memiliki sifat, sikap dan gaya yang baik untuk mengurus atau mengatur orang lain. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. Sedangkan kekuasan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk mau melakukan apa yang diinginkan pihak lainnya. Jadi sebuah tim harus ada seorang pemimpin agar tim itu sendiri dapat terorganisir dengan baik.

  • Menghormati pemimpin

Dari permainan simpul tali, terutama saat melepaskan tali tersebut banyak sekali perintah-perintah yangt keluar, semuanya ingin memerintah padahal itu semua sebenarnya menghabiskan waktu yang ada. Kita perlu hanya satu orang pemimpin utuk mengarahakan, agar teman-teman yang lain tidak bingung mau mengikuti instruksi dari siapa. Disanalah kita dapat belajar untuk menghormati pemimpin kita, karena mereka begitu juga untuk kenyamanan kita dan kesuksesan tim kita. Dalam lingkup yang lebih besar jurusan dipimpin oleh kepala jurusan, kampus dipimpin oleh rektor, provinsi dipimpin oleh seorang gubernur bahkan negara pun dipimpin oleh seorang presiden. Disinilah kita dapat menilai betapa pentingnya seorang pemimpin, dan adanya kepemimpinan itupun tidak ada gunanya kalau anggotanya tidak menghormati hasil yang disetujui.

  • Belajar dipimpin

Selain kita harus menghormati pemimpin kita juga harus belajar bagaimana rasanya dipimpin oleh seorang pemimpin. Hal ini sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari karena tidak semua orang bisa menjadi pemimpin (diluar seseorang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri), kadangkala kita harus bisa berada pada situasi anggota dimana kita harus belajar untuk dipimpin oleh pemimpin. Lagipula seorang pemimpin yang baik adalah seorang yang bisa membawa dirinya saat dipimpin oleh orang lain. Bagaimana caranya menjadi seseorang yang mampu mengatur orang lain. Jika terus menerus merasa dan juga terbisaa dengan  pola demikian, maka saat kita berada dalam posisi orang yang harus dipimpin oleh oranglain hanya akan membuat kita merasa tertekan. Merasa bahwa semua ide dan juga kreatifitas yang dicetuskan oleh orang lain hanyalah hal hal kecil yang tidak jauh lebih hebat dari apa yang mampu kita lakukan. Hingga pada akhirnya semua argument yang kita keluarkan hanya akan”menjatuhkan” pendapat orang lain. Jarang sekali “meng-iya” kan dan juga mendukung gagasan yang dirasa kurang oleh diri kita sendiri. Jika hal ini terus berkembang, bagaimana mungkin orang lain juga akan merasa nyaman untuk berada di dekat kita. Merasa percaya dan safe saat menjadikan kita partner untuk bisa bertukar pendapat dan juga bersosialisasi. Jadi kita selain bisa menjadi pemimpin kita juga harus bisa dipimpin orang lain.

  • Tujuan tim

Dalam membuat simpulkita harus mempunyai tujuan, baru setelah itu kita bekerjasama untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan tersebut harus terbentuk pada setiap tim. Hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah tim adalah tim harus mempunyai misi yang jelas dan memiliki komitmen tinggi. Anggota tim dilibatkan dalam pengaturan tujuan dan sasaran, anggota dapat mengerti tentang target dan tujuan tim, anggota sepakat dengan target atau tujuan yang akan dicapai. Dalam kehidupan sehari-hari juga kita harus mempunyai tujuan,misalnya kita kuliah bertujuan untuk apa, penting adanya tujuan tersebut sehingga kita dapat memotivasi diri kita untuk berhasil dalam perkuliahan. Sebuah tujuan menjadi sebuah target dalam kehidupan. Belajar yang baikpun harus memiliki target pencapaian baik itu target harian, mingguan, bulanan serta target jangka panjang. Hal itu akan sangat memberi kita manfaat untuk menjadi sukses dikemudian hari.

  • Ketenangan

Dalam menyelesaikan simpul tersebut, ketika kita didesak oleh waktu maka banyak sekali hal itu membuat kita tergesa-gesa, padahal tergesa-gesa sebenarnya bukan mempercepat menyelesaikan tugas-tugas kita melainkan akan terjadi kesalahan lebih banyak, itu akan merugikan diri kita sendiri. Seni bersikap tenang dan hening merupakan sesuatu yang cukup langka dalam dunia mod­ern kita. Derap kehidupan yang bising, ketidak sabaran, penekanan pada perolehan materi, produksi dan konsumsi yang sembarangan, pengaruh media iklan yang meresap dan di berbagai seni kehidupan modern lainnya, telah mengambil bagian terhadap erosi keutuhan moral dan nilai-nilai keagamaan. Mereka juga telah menyebabkan pikiran lebih rentan terhadap keresahan, hasutan, kegelisahan, ketakutan, dan kemarahan. Berusahalah kita mengembangkan keseimbangan spiritual, kesadaran, ketenangan, dan keheningan dengan disiplin bermeditasi. Meditasi sangat efektif mengurangi semuabentuk kemarahan, kebencian dan keinginan jahat. Dengan memelihara ketenangan dalam segala hal yang kita lakukan, pikiran kita akan menjadi jernih dan tidak teratasi oleh siapa pun, dan tidak akan pernah merasa tegang. Dalam ketenangan dan keheningan itu, kita akan menemukan sejumlah kekuatan dan energi untuk menyelesaikan tugas-tugas dan tujuan-tujuan kita.

  • Bertanggungjawab

Apabila tali rafia itu dijadikan sebuah masalah maka ketika kita merangkai tali menjadi simpul yang kuat maka ketika rangkaian itu dilepas (masalah), kita yang membuat masalah tersebut kita harus bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalahnya. Rasa tanggungjawab dapat kita pelajari juga didalam sebuah organisasi. Organisasi sepatutnya memang penting untuk ditumbuhkembangkan selagi masih muda, belajar berorganisasi akan menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam diri seseorang karena dalam organisasi terdapat struktur yang jelas dimana tiap oang memiliki fungsi dan tugas masing-masing sesuai kedudukannya dalam organisasi. Misalkan di akademika anggota bertanggung jawab mengelesaikan tugas pada editor, editor bertanggung jawab pada pimpinan, dan pimpinan akan bertanggung jawab terhadap masyarakat luas. Sehingga dalam berorganisasi orang akan mengenal apa yang disebut etos kerja dan kedisiplinan.

  • Pemecahan masalah

Apabila tali itu dijadikan sebuah tujuan, saat kita mengikat sampai kuat dan disuruh melepaskannya lagi dianggap sebagai masalah. Maka kita harus bisa menyelesaikan masalah tersebut beersama anggota-anggota yang lain. Ketika kita dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut betapa senangnya kita (tujuan kita tercapai).

  • Kekuatan tim
  • Komunikasi efektif

Maksudnya disini ketika kita menyelesaikan masalah dengan waktu yang terbatas maka saat itu kita harus bisa berkomunikasi dengan efektif dan efesien. Manusia di dalam kehidupannya harus berkomunikasi, artinya memerlukan orang lain dan membutuhkan kelompok atau masyarakat untuk saling berinteraksi. Hal ini merupakan suatu hakekat bahwa sebagian besar pribadi manusia terbentuk dari hasil integrasi sosial dengan sesama dalam kelompok dan masyarakat. Di dalam kelompok atau organisasi itu selalu terdapat bentuk kepemimpinan yang merupakan masalah penting untuk kelangsungan hidup kelompok, yang terdiri dari pemimpin dan bawahan atau karyawan. Di antara komunikasi dua arah atau komunikasi timbal balik, untuk itu diperlukan adanya kerja sama yang diharapkan untuk mencapai cita-cita, baik cita-cita pribadi, maupun kelompok, untuk mencapai tujuan suatu organisasi. Hubungan yang terjadi merupakan suatu proses adanya suatu keinginan masing-masing individu, untuk memperoleh suatu hasil yang nyata dan dapat memberikan manfaat untuk kehidupan yang berkelanjutan.

  • Kepemimpinan bersama
  • Kebersamaan

3.      Good Invesment

  • Kekompakan

Kekompakan dalam sebuah perusahan antara pemimpin dan karyawan sangat diperlukan agar mencapai keberhasilan dari perusahaan tersebut.

  • Komitmen Jujur

Jujur dalam menepati sebuah kesepakatan sangat penting. Jujur dalam kehidupan sehari-hari adalaha sebuah keharusan. Rasa jujur sangat diperlukan dalam kehidupan terutama dikehidupan kuliah. Ada banyak orang pintar saat ini, tapi kita kekurangan orang jujur dan punya rasa malu dinegeri ini. Kita memiliki hampir semua potensi untuk menjadi bangsa yang besar, kekayaan alam kita melimpah, sumber daya manusia kita juga banyak, dua hal yang mungkin kurang pada bangsa ini adalah kurangnya orang jujur dan orang yang menjunjung tinggi rasa malu. Maka untuk memajukan bangsa ini kita harus bersikap jujur dan terbuka walaupun pahit adanya.

  • Keberanian mengambil keputusan

Dalam menentukan jawabana X atau Y kita dituntut untuk berani dalam mengambil keputusan. Pengambilan keputusan secara serampangan tanpa pertimbangan matang,  juga bisa menghilangkan kesempatan. Yang kita perlukan adalah pemikiran yagn tuntas untuk bisa mengambil keputusan terbaik. Dan yang lebih penting adalah keberanian mengambil keputusan dan melaksanakannya. Dalam mengambil keputusan, mencoba melihat sesuatu dari sudut pandang lain karena apa yang baik bagi sebagian besar orang, belum tentu baik bagi diri kita. Ketika kita mengambil sudut pandang yang berbeda, seringkali kita mendaptkan peluang lebih besar untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik.

Keputusan membutuhkan pengorbanan, jika anda memutuskan untuk membuka satu usaha, anda tidak mungkin mengerjakan hal lainnya. Jika anda tidak memilih prioritasnya, juga ada pengorbanannya  yaitu anda tidak akan pernah sampai kemana-mana (Paul Budnitz, Founder Kidrobot)

  • Visioner

Kepemimpinan adalah suatu konsep yang sangat dekat dengan kesuksesan dalam mencapai tujuan suatu organisasi. Kepemimpin akan sangat mewarnai, mempengaruhi bahkan menentukan bagaiman perjalanan suatu organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya. kepemimpinan visioner melibatkan kesanggupan, kemampuan, kepiawaian yang luar biasa untuk menawarkan kesuksesan dan kejayaan di masa depan. Seorang pemimpin yang visioner mampu mengantisipasi segala kejadian yang mungkin timbul, mengelola masa depan dan mendorong orang lain utuk berbuat dengan cara-cara yang tepat. Hal itu berarti, pemimpin yang visioner mampu melihat tantangan dan peluang sebelum keduanya terjadi sambil kemudian memposisikan organisasi mencapai tujuan-tujuan terbaiknya.

  • Musyawarah

Bermusyawarah dengan melibatkan semua anggota akan lebih menarik, ketika saling mengajukan argumen itu akan membuat tim kita tambah kompak. Dengan musyawarah kita bisa memudahkan penyelesaian masalah-masalah kita.

  • Mengendalikan emosi dan Mengendalikan nafsu saat ada yang mencurangi kita dalam kesepakatan. Berusaha bersikap dewasa akan lebih memperlihatkan bahwa kita adalah orang-orang yang terpelajar.
  • Menghormati kesepakatan yang telah dibuat merupakan sebuah keharusan. Buat apa kesepakatan dibuat untuk dilanggar. Lagipula orang yang berhasil dengan kecurangan tidak akan bertahan lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s