Keterampilan Interpersonal 3 : Team Work

Kuliah ketiga diluar ruangan untuk jurusan Sistem Informasi  ITS untuk mata kuliah Keterampilan Interpersonal pada tanggal 28 September 2010 disana kita banyak mendapat berbagai macam game dan setiap game mempunyai nilai yang dapat kita pelajari dan amalkan pada kelangsungan proses kuliah dan kehidupan sehari-hari. Pada pertemuan ketiga ini saya rasa sangat menarik, karena disini kita dituntut untuk menceritakan nilai-nilai apa saja yang sudah kita rasakan pada game-game sebelumnya dan sudah diterapkan dikehidupan sehari-hari, bagaimana efek game-game di KI yang sudah merubah kita, jawabannya pun berbeda-beda antar anak yang satu dan yang lain, saya pun sudah merasakan manfaat KI untuk beberapa waktu terakhir. Nilai yang paling saya rasakan adalah kepercayaan diri saya mulai bangkit kembali disini. Walaupun saya merantau dari Kalimantan jauh ke Surabaya, saya harus bisa menjadi yang terbaik atau minimal disini saya harus mampu mengimbangi anak-anak pintar dari kota-kota besar. Mungkin ilmu yang pernah saya dapat dulu tidak selengkap disini tapi dengan begitu usaha yang harus saya lakukan untuk dapat menyesuaikan diri disini harus semakin besar pula. Dihari ketiga juga kita diberikan game-game yang menyenangkan dan semakin bikin deg-degan. Adapun game-game tersebut antara lain :

1.      Angin Bertiup

Permainan yang lucu dan bikin deg-degan. Kita harus tau apa yang ada pada diri kita sendiri dan ketika apa yang ada pada diri kita disebutkan maka kita harus berpindah tempat, mencari tempat yang masih kosong untuk kita masuki. Setiap tempat itupun mempunyai berbagai macam syarat dan kita harus mentaati syarat-syarat tersebut, seperti minggu-minggi kemarin banyak nilai yang kita dapat dari game-game untuk menjadi orang yang mentaati segala aturan, orang yang disiplin dan orang yang mampu membedakan mana hak dan kewajibannya. Nilai-nilai tersebut sangat bermanfaat dikehidupan sehari-hari. Sikap patuh sangat dibutuhkan dihidup ini, karena tanpa kepatuhan tata kehidupan di Negara ini akan kacau, seperti itu juga kehidupan di ITS dan khususnya SI kita harus patuh pada peraturan yang ada untuk ketentraman dan ketertiban kampus. Kepatuhan menumbuhkan disiplin pada pribadi masing-masing. Tidak ada hal yang lebih penting dalam manajemen diri dibandingkan dengan kedisiplinan. Dari game ini banyak niilai yang dapat diambil, antara lain :

  • Memahami apa yang pada diri kita sendiri. Disini tentunya kita belajar untuk menyadari apa yang kita miliki dan sekaligus kita belajar intropkesi diri. Melihat apa yang kita miliki, dengan begitu kita bisa menyadari apa yang perlu diperbaiki dari apa yang kurang. Mengenali diri sendiri sangat penting untuk kita tau sampai mana batas kemampuan kita, disini juga kita bisa mengetahui dimana letak kekurangan kita dengan begitu kita bisa menempatkan diri pada tempat yang pas, pada kegiatan yang sesuai bakat dan minat kita, pada pilihan studi yang sesuai dengan kemampuan kita. Selama ini saya sebenarnya sudah bisa mengetahui apa yang dimiliki saya akan tetapi yang saya tau,diri saya mempunyai banyaka kekurangan, jadi dari permainan KI ini saya harus bisa merubahnya, kepercayaan diri harus ditingkatkan tak terlepas dari setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Di ITS sangat banyak kegiatan yang membantu kita mengetahui karakter kita lebih mendalam, contohnya saja UKM, disini kita bisa memilih UKM yang sesuai dengan bakat dan minat kita. Ketika kita memilih yang sesuai maka kitapun dapat meningkatkan prestasi kita dibidang tersebut, dengan didukung UKM-UKM yang telah disediakan ITS.
  • Beradaptasi

Ketika kita harus berpindah tempat saat ciri-ciri kita disebutkan, kita harus cepat mencari tempat untuk berpindah, maka kita harus sosialisasi lagi dengan lingkungan baru. Sikap beradaptasi ini sangat dibutuhkan pada kehidupan sehari-hari, terutama saya rasakan ketika kuliah ini. Saya benar-benar menemui lingkungan yang sangat berbeda dari dulu, system belajar yang beda, lingkungan dikampus yang berbeda, hubungan dosen dan mahasiswa yang berbeda dan saya sebagai perantau tentu saja menemui tempat tinggal dengan orang-orang baru serta budaya yang berbeda pula. Disini saya dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar agar kehadiran saya dapat diterima. Ketika kita sudah bisa beradaptasi, maka kitapun akan merasa enak dilingkungan sekarang hal itu akan mendorong kita juga untuk kuliah, lingkungan yang mendukung adalah salah satu caa untuk sukses dalam belajar maupun kegiatan-kegiatan lain. Di KI sudah berapa kali diajarkan game yang nilanya kita harus cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

  • Kesiapsiagaan

Dalam game ini kita dilatih kesiapsiagaan menghadapi sesuatu hal, kita harus siap siaga dengan apapun kemungkinan yang akan terjadi disaat cirri kita disebutkan maka kita harus cepat berpindah tempat. Kesiapsiagaan adalah dimana ketika kita siap untuk digunakan atau untuk bertindak apapun itu. Kesiapsiagaan ini sangat diperlukan dalam kehidupan karena dengan kita selalu siap dengan apapun yang terjadi kita dapat meminimalisir dampak-dampak negative dihidup kita. Contohnya dalam perkuliahan kita belajar harus mendahului dari yang diajarkan dosen dikelas, jadi ketika pelajaran itu diberikan dikelas maka kita sudah menyiapkan semua sehingga memudahkan kita untuk mengerti dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

  • Konsentrasi, kita harus konsentrasi pada permainan karena kalau tidak akan merugikan kita sendiri, konsentrasi kita yang paling penting adalah ketika dosen menyebutkan salah satu ciri, maka kita harus siap apa ciri tersebut ada atau tidak ada pada diri kita. Konsentrasi sangat dibutuhkan untuk sehari-harikarena tanpa konsentrasi maka tata kehidupan kita akan kacau. Konsentrasi atau fokus sangat berguna dalam dalam berbagai macam pekerjaan atau kegiatan. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan dalam 5 jam dengan pikiran yang konsentrasi dapat diselesaikan hanya dalam waktu dua jam saja. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan dalam satu minggu, dengan konsentrasi bisa dikerjakan dalam waktu dua hari saja. Dengan konsentrasi pekerjaan kita akan lebih cepat selesai. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga konsentrasi dengan baik. Memang menjaga konsentrasi pikiran itu sangat susah karena pikiran lebih mudah melayang-layang. Namun menjaga pikiran untuk fokus atau konsentrasi adalah hal yang dapat dilatih. Dengan pikiran yang terkonsentrasi dan terlatih dengan baik maka kita akan lebih banyak menghemat waktu.
  • Tolong Menolong. Pada permainan ini kita juga diajarkan tolong menolong untuk menunjukkan pada teman dimana lagi tempat yang bisa kita masuki, rasa tolong menolong sangat dibutuhkan dikehidupan sehari-hari, kalau seluruh rakyat Indonesia membudayakan sikap ini, dijamin tidak ada rakyat yang kemiskinan. Tolong menolong merupakan kewajiban bagi setiap manusia, dengan tolong menolong kita akan dapat membantu orang lain dan jika kita perlu bantuan tentunya orangpun akan menolong kita. Dengan tolong menolong kita akan dapat membina hubungan baik dengan semua orang. Dengan tolong menolong kita dapat memupuk rasa kasih sayang antar tetangga, antar teman, antar rekan kerja. Singkat kata tolong menolong adalah sifat hidup bagi setiap orang. Dengan menolong orang lain kita akan mendapatkan kepuasan yang amat sangat, kebahagiaan yang tak terkira, juga ada rasa bahwa kita ini ada dan diperlukan oleh orang lain. Rasa bahwa kita ini berguna bagi orang lain. Juga dengan mau menolong orang lain, pasti ada orang yang mau menolong kita, berlaku hukum sebab akibat, jika kita menolong A belum tentu A yang akan menolong kita, bisa saja B yang menolong kita.
  • Kecepatan, dalam game ini ketika ciri kita disebutkan maka dengan waktu yang sangat singkat kita harus berlari untuk menemukan tempat yang masih bisa kita masuki. Kecepatan disini sangat diperlukan. Memang dulu ada pepatah mengatakan biar lambat asal selamat menurut saya pepatah itu harus diganti menjadi cepat dan selamat, karena waktu itu sangat berharga. Setiap orang di dunia ini memiliki waktu yang sama, yaitu 24 jam atau 1440 menit dalam satu harinya. Apa saja yang dilakukan oleh setiap orang dalam satu hari? Setiap manusia memiliki waktu 24 jam dan dia harus menghabiskannya dalam satu hari. Semua orang pasti bisa menghabiskannya, karena keesokan harinya waktu itu sudah ‘hangus’, dan kita harus memulai hari baru, begitu dan seterusnya. Yang jadi pertanyaan apakah kita hanya ingin menghabiskan waktu kita saat ini untuk bersenang-senang atau hanya tidur saja? Semua itu pilihan. Namun yang pasti, jika kita hanya tidur, maka kita hanya akan menjadi tua dan beruban, sedangkan jika kita menginvestasikan waktu untuk hal yang positif, kita akan menjadi manusia yang lebih baik, baik secara finansial, kebijaksanaan dan pengetahuan. Semakin kita menjadi lebih baik, makin banyak orang yang akan mendapatkan manfaat dari keberadaan kita, setidaknya setiap dari kita ingin menjadi teladan dan inspirasi bagi orang-orang di sekitar kita, terutama anak-anak kita.
  • Bertanggung jawab dan Jujur. Disini kita sangat dilatih kejujuran dan rasa bertanggung jawab kita karena ketika kita melakukan kesalahan maka kita mendapatkan hadiah untuk maju kedepan, mungkin kebanyakan orang akan berpikir ini adalah hukuman akan tetapi dibalik itu beruntunglah mereka yang mendapatkan kesempatan untuk lebih belajar tentang kepercayaan diri mereka dan mengeksplornya dihadapan orang banyak. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan keberanian kita juga berbicara didepan orang banyak. Hal yang penting berhubung system kuliah sekarang adalah KBK. Kejujuran mengakui kesalahan yang kita perbuat adalah sikap terpuji, walaupun pahit adanya tapi orang akan lebih menghargai demikian daripada seorang pembohong. Rasa tanggung jawab maju kedepan adalah sebuah sifat yang sangat baik berhubung sekarang sangat banyak orang yang tidak bisa bertanggung jawab dengan perbutan-perbuatannya yang merugikan orang lain. Orang yang jujur dan bertanggung jawab juga sangat berguna dikehidupan sehari-hari, oaring seperti itu akan dengan mudah dipercayai atasan maka bisa saja jabatan dia naik hanya karena sikapnya yang terpuji. Dosen juga seperti itu, mereka tentu lebih senang menyerahkan tanggung jawab pada mahasiswa yangjujur dan bertanggung jawab, sebuah nilai plus yang sangat penting utnuk dimiliki.
  • Pada game ini juga penting adanya kerjasama. Kita bisa membuat janji dengan teman yang mempunyai ciri sama untuk nanti apabila cirri tersebut disebutkan maka kita langsung bertukar tempat. Kerjasama sangat dibutuhkan pada tim, menurut H. Kusnadi (2003) mengatakan bahwa berdasarkan penelitian kerja sama mempunyai beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut:
    • Kerja sama mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas.
    • Kerja sama mendorong berbagai upaya individu agar dapat bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.
    • Kerja sama mendorong terciptanya sinergi sehingga biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menyebabkan kemampuan bersaing meningkat.
    • Kerja sama mendorong terciptanya hubungan yang harmonis antarpihak terkait serta meningkatkan rasa kesetiakawanan.
    • Kerja sama menciptakan praktek yang sehat serta meningkatkan semangat kelompok.
    • Kerja sama mendorong ikut serta memiliki situasi dan keadaan yang terjadi dilingkungannya, sehingga secara otomatis akan ikut menjaga dan melestarikan situasi dan kondisi yang telah baik.

Pentingnya kerjasama sangat banyak memberikan manfaat. Oleh Karena itu sangat penting perilaku itu diterapkan dikehidupan sehari-hari

  • Ketelitian disini sangat diperlukan ketika kita harus berpindah tempat maka kita harus menempati daerah yang masih kosong untuk kita, banyak kejadian anak-anak memasuki tempat yang sudah penuh oleh karena mereka dapat hadiah. Itu pentingnya ketelitian dihidup ini, tanpa itu maka akan banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan. Banyak orang terkadang tanpa adanya sabar, manusia cenderung terkesan menjadi tergesa-gesa, dan jikalau tergesa-gesa tengah menghampiri, ketelitian mungkin sulit kita temukan, seolah kita lupa akan betapa pentingnya arti sebuah ketelitian, sebab banyak dari manusia berbuat kesalahan yang diluar kehendak karena luput dari ketelitian. Inilah yang sebenarnya harus kita renungi, bahwa rasanya harga untuk satu ketelitian sangatlah mahal bila kesalahan besar itu telah datang, buah hasil tidak adanya suatu ketelitian. Entah sudah berapa banyak orang yang harus gagal walupun sudah mengeluarkan segenap jerih payahnya namun karena kurangnya ketelitian, mereka harus merelakan kegagalannya itu di menit-menit akhir, sangat disayangkan pastinya. Itulah pentingnya ketelitian untuk hidup kita. Di KI kita dapat melatih ketelitian kita agar dapat meminimalisir kesalahan.
  • Easy going yang dibutuhkan dipermainan ini adalah enjoy mengikuti semua game walaupun deg-degan juga, keceriaan yang dibutuhkan akan sangat mendukung diri kita sendiri untuk menikmati permainan, keceriaan yang ada sangat mendukung untuk diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Orang yang selalu enjoy dan ceria tentunya dia juga akan menikmati kehidupan dengan rasa itu maka aktivitasnya yang lain akan ikut terdorong menjadi yang terbaik.

2.      Intropeksi Diri

Saya intropkesi diri ini kita berbicara dengan teman tentang manfaat dari KI baik yang sudah terlaksana atau yang belum pada diri kita sendiri. Nilai yang ingin saya capai dan seharusnya kita peroleh dari permainan KI, antara lain :

  • Percaya Diri, saya ingin menjadi seorang yang percaya dirii setelah ikut KI dan sekarang saya memang sudah menjadi lebih percaya diri dibanding sebelumnya
  • Keberanian dengan KI juga saya ingin belajar berani untuk melakukan sesuatu hal, membuat sesuatu yang baru selaku agent of change. Rasa keberanian menghadapi tantangan harus kita miliki karena tanpa mental itu kita akan mudah menyerah di tantangan hidup yang semakin kejam ini. Dalam kuliah juga sangat diperlukan, karena mahasiswa kebanyakan sering mengeluh dengan tugas-tugas yang diberikan dosen begitu banyak. Oleh karena itu rasa keberanian menghadapi tantangan hidup harus kita miliki karena dengan itu kita bisa kuat dan cepat menyelesaikan kuliah dan bekerja. Keberanian bisa mejadikan sikap negatif menjadi positif, loyo menjadi semangat, takut jadi berani, pesimis menjadi optimis, miskin menjadi kaya, gagal menjadi sukses. Dengan menyadari akan besarnya kontribusi kekuatan keberanian pada kita, kita dapat memaksimalkan untuk : Berani menentukan cita-cita yang tinggi, berani bangkit lagi dari kegagalan, berani belajar dari kelemahan dan kesalahan, berani membayar harga untuk keberhasilan, berani memastikan untuk berjuang sampai sukses.
  • Ceria, setiap game KI mengharuskan kita untuk selalu ceria. Dan keceriaan tersebut selalu mewarnai hari-hari saya walaupun tugas banyak. Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan. Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri. Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain. Sangat bahagia dan memuaskan hati, jika bisa membuat orang lain bisa merasa terhibur maka orang lain akan nyaman didekatnya dialah orang yang cerdas diri karena bisa beradaptasi dengan lingkungan dan bahkan membuat lingkungan kita nyaman dengan kita.
  • Disiplin. Dari banyak game yang ada di KI sangat banyak game yang mengajarkan kita tentang kedisiplinan, saya mulai belajar akan lebih dsiplin dalam menggunakan hak dan kewajiban saya. Disiplin kunci utama dalam berorganisasi. Dalam kepemimpinan, disiplin harus diartikan sebagai mendidik untuk perbaikan dan menjadi lebih baik. Disiplin tidak hanya diterapkan pada saat seseorang terbukti bersalah, tetapi dimulai dalam kondisi kerja normal untuk meningkatkan komitmen dan kinerja. Seseorang yang terbukti bersalah dan disiplin hanyalah merupakan salah satu aspek saja dari disiplin.
  • Tanggung Jawab. Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. Meskipun resikonya sangat besar. Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam untuk disalahkan. Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan menyalahkan siapapun. Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas apapun yang dialami dan dirasakannya.

Adapun nilai kehidupan yang dapat diambil dari permainan ini, adalah :

  • Dari segi pendengar
    • Dapat menilai Seseorang
    • Memeberi dukungan pad teman
    • Melihat pencapaian orang agar bisa dijadikan contoh dan kita harus lebih baik
    • Menghargai teman yang bicara dan dengan sabar kita menunggu mereka bercerita
    • Menjadikan motivasi agar kita lebih baik dari teman kita
  • Dari segi pembicara
    • Dari segi kesehatan, riset membuktikan berbicara dengan teman atau dengan kata lain dapat meningkatkan kesehatan. penelitian mengungkapkan, ternyata ngobrol dan berbagi curahan hatiatau curhat terbukti baik bagi kesehatan perempuan. Penelitian yang dilakukan sejumlah ilmuwan dari University of Michigan menemukan, aktivitas ngobrol atau kerap secara salah kaprah disebut ngegosip Itu, akan meningkatkan kadar progesteron, suatu hormon yang diyakini dapat mengurangi kecemasan dan stres. Para peneliti melihat peningkatan progesteron itu terkait erat dengan kepuasan yang diperoleh dari ikatan sosial yang terjalin ketika para perempuan menyediakan diri untuk membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan.”Keterkaitan Ini kita memahami mengapa orang dalam hubungan yang dekat Iebih bahagia, lebih sehat, dan lebih panjang umur dibanding mereka yang terisolasi kehidupan sosialnya
    • Kita dapat mengenali diri kita atau intropeksi diri
    • Setelah mengikuti KI harus ada nilai yang harus berguna dihidup kita, dengan bercerita seperti ini kita bisa lebih merinci akan menjadi apakah kita asetelah ikut KI. Disini kita tau apa pencapaian yang harus kita dapatkan
    • Menentukan tujuan hidup untuk jadi lebih baik
    • Kita dapat berbagi hal-hal positif pada teman kita
    • Kita merasa lega karenasudah berbagi dengan teman, kelegaan disini sangat penting karena sama saja artinya kita sudah meluapkan apa yang kita inginkan , dengan begitu kita bisa meningkatkan aura-aura positif pada diri kita

3.      Tebak Berpindah

Nilai yang dapat diambil dari permainan ini, antara lain:

  • Ketepatan. Kita disini dilatih untuk tepat dalam menebak tebakan yang diberikan, kita harus bisa menganalisa apa jawaban dibalik teka-teki tersebut. Ketepatan adalah ketika kita benar untuk memberikan suatu info kepada orang. Hal ini sangat bermanfaat dihidupkita terlebih apabila kita salah memberikan informasi maka kita harus mempertanggung jawabkannya di orang banyak. Apabila kita selalu tepat dalam menginfokan sesuatu maka orang juga akan mempercayai kita, maka kita akan mudah menaiki jabatan yang lebih tinggi apabila kita sudah memiliki masa yang mendukung kita dengan ketepatan-ketepatan tersebut.
  • Melatih kecerdasan, disaat menjawab teka-teki yang sulit tersebut kita memaksa diri kita untuk berpikir. Disini kita dapat melatih kecerdasan kita, melatih kecerdasan dengan belajar dll sangat bermanfaat untuk diri kita.
  • · Team work. Dalammenjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kita dilatih untuk kompak dalam tim kita, ini sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Team work yang baik adalah apabila memenuhi syarat-syarat, yaitu : Kesamaan visi dan misi kerja, prioritas perhatian dan tindakan pada sesuatu yang terbaik buat organisasi, anggota berkomitmen tinggi pada pekerjaan, anggota dapat hidup berdampingan dalam keragaman, tim yang kuat sebagai magnit talenta.
  • Menganalisa kelompok lain untuk keberhasilan kelompok sendiri, kita harus bisa meramalkan jawaban dari jawaban-jawaban yang dilontarkan dari kelompok lain, dari  itu semua kita harus bisa menyimpulkan apa benda yang di teka-teki tersebut. Hal ini bisa kita terapkan dikehidupan sehari-hari dengan belajar dari kesuksesan orang lain untukkeberhasilan diri sendiri.
  • Kecepatan, sudah dibahas sebelumnya.
  • Mengendalikan keadaan dengan strategi pencapaian target. Apabila kita bisa menjadikan jawaban-jawaban dari teman sebagai acuan kelompok kita, kita saat belum terlalu yakin bisa mengungkapkan jawaban yang salah dulu, untuk ketika kesempatan kembali pada kita, kita bisa gunakan untuk menjawab yang benar. Politik seperti ini kurang sehat akan tetapi bisa dijadikan sebuah stretegi untuk mencapai tujuan. ^^v
  • Keberhasilan pastilah mendapatkan profit yang banyak juga, ketika kita benar menjawab maka kita akan banyak mendapatkan anggota tim baru, hal ini sangat menguntungkan untuk kelangsungan organisasi kita apalagi setelah anggota tim lainlebih sedikit. Hal ini sangat penting dalam kehidupan nyatanya, tiap sebuah tim yang lebih banyak maka akan lebih banyaka jug aide yang ada untuk mencapai tujuan tim.
  • Bangkit dari keterpurukan, ketika apabila anggota tim kita mulai kurang dansemakin kurang, kita harus tetap semangat untuk menjawab soal. Itu artinya kita dapat bangkit dalam keterpurukan. Tidak banyak orang akanlebih sukses ketika dia bisa terbebas dari keterpurukan bahkan menjadi semakin sukses.
  • Persaingan. Persaingan disini tentunya mengajarkan bentuk persaingan sehat antar tim. Dalam dunia kerja, persaingan dalam satu tim bisa diduga akan terjadi persaingan antarindividu. Sementara  persaingan dalam satu divisi, misalnya, maka yang terjadi adalah persaingan  antartim kerja. Persaingan sehat mampu membangun persahabatan. Karena diawali dengan jiwa sportif dan jujur maka tidak ada alasan, persaingan sesama tim dalam satu divisi akan menimbulkan pertentangan antartim. Justru malah sebaliknya yakni persaingan sehat untuk membangun hubungan semakin baik dalam satu tim maupun dengan tim lain. Ikatan ini akan menciptakan motivasi tim dalam mengembangkan persahabatan bahkan persaudaraan yang lebih besar lagi. Kalau ini terjadi maka yang diuntungkan tidak saja individu karyawan dan manajemen tetapi juga organisasi.
    • Berlatih untuk jujur tanpa memberitahukan jawaban yang benar kepada kelompok sendiri karena kelompok kita tersebut setiap saat bisa menjadi musuh kita
    • Melatih kewaspadaan kita
    • Kita harus konsekuen bergabung dengan tim baru karena tim baru kita mungkin saja lebih baik disbanding tim kita yang dulu oleh karena itu kita harus bisa beradaptasi dengan tim yang baru
    • Melatih mental yang kuat ketika kita memang harus ditempatkan pada tim yang berbeda
    • Kejelian serta sensitive pada teka teki. Kejelian dalam kehidupan sehari-hari sangat penting karena dengan begitu akan melatih diri kita sendiri untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan secara tepat. Contohnya saja dalam kuliah kita  ingin membuat karangan ilmiah maka kita harus memperhatikan lingkungan disekeliling kita maka dengan kejelian kita bisa menemukan sesuatu yang belum terperhatikan orang lain untuk menjadi sesuatu yang harus kita cari tau dan tentunya bermanfaat.
    • Meningkatkan pengetahuan dengan segala yang ada dilingkungan kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s