Keterampilan Interpersonal 1 : Team Work

Jurusan SISTEM INFORMASI ITS mempunyai mata kuliah yang berbeda dari jurusan lain yang ada di ITS. Jurusan lain banyak yang berkutat di kalkulus dan fisika, kita jurusan Sistem Informasi malah mempunyai mata kuliah “bersenang senang”. Bersenang-senang disini pastinya punya maksud dan tujuan yang jelas. Sebuah mata kuliah yang menjadi favorit anak SI ITS, dimana ita bisa belajar team work, cara belajar yang benar, serta bagaimana kita meningkatkan kualitas kepribadian kita sebagai seorang manusia yang baik, dan masih banyak yang lain hal yang dapat kita pelajari dimata kuliah yang satu ini. Menurut saya pribadi, mahasiswa jurusan Sistem Informasi yang kedepannya memang harus mempunyai softskill Kemampuan Interpersonal dalam kerjanya nanti, sangat penting adanya mata kuliah ini dan saya rasa sangat bermanfaat. Kita benar-benar dilatih menjadi personality yang baik agar dimasa kerja nanti kita mampu menjadi orang yang berkualitas selain akademik yang bagus. Itu sedikit gambaran tentang mata kuliah KI, dan selanjutnya ada beberapa contoh game KI indoor yang dapat kita ambil nilainya dan diterapkan dikehidupan sehar-hari.

Kuliah perdana di Sistem Informasi  ITS untuk mata kuliah Keterampilan Interpersonal pertama kali pada tanggal 30 Agustus 2010. Disini kita masih pengenalan tentang mata kuliah KI, apa tujuan dan macam kegiatannya. Memasuki hari kedua kuliah pada tanggal 31 Agustus 2010 kita belajar diluar ruangan, disana kita banyak mendapat berbagai macam game dan setiap game mempunyai nilai yang dapat kita pelajari dan amalkan pada kelangsungan proses kuliah.

Game – Game tersebut antara lain :

1.      Disini kita diminta untuk menutup mata karena kaka pembimbingnya akan membagikan suatu kertas kepada setiap peserta game, disetiap kertas tersebut ada bertuliskan nama-nama hewan, ada beberapa kelompok nama hewan yang ada disana. Setelah mata kita diperbolehkan untuk membuka, kita harus melihat nama hewan apa yang ada dikertas yang kita dapat. Setelah itu kita harus menirukan suara dan gaya hewan tersebut, ketika itu saya mendapatkan hewan anjing. Kita semua peserta harus menirukan gaya dan suara binatang tersebut lalu kita mencari teman sesama jenis dengan mendenga dan melihat teman-teman kita bersuara dan gaya apa. Hal itu agar setiap orang dengan hewan yang sama akan terkumpul dalam satu kelompok nantinya. Suatu pembagian kelompok yang unik, disana kita dapat mengambil berbagai pelajaran,antara lain:

  • Tanggung Jawab

Dalam game ini kita dilatih bertanggung jawab dengan melaksanakan apa yang diperintahkan oleh pembimbingnya yaitu menutup mata. Tanggung jawab sangat penting dalam penerapannya di proses pendidikan, dimana kita harus bertanggung jawab dengan tugas dan semua peraturan yang ada di ITS. Tanpa tanggung jawab maka semuanya akan menjadi kacau. Contohnya saja adalah jika mahasiswa tidak melakukan tanggung jawabnya mencari ilmu, malas mengerjakan tugas yang diberikan maka bisa saja mahasiswa itu DO dan akan membuat masa depan suram. Bagaimanapun juga tanggung jawab menjadi nomor satu di dalam kehidupan seseorang. Dengan kita bertanggung jawab,kita akan dipercaya orang lain,selalu tepat melaksanakan sesuatu,mendapatkan hak dengan wajarnya.

  • Kepercayaan

Kita melaksanakan perintah dari pembimbing dengan sungguh-sungguh, ketika tidak diperbolehkan membuka mata, kita benar-benar melaksanakan itu maka pembimbing juga akan mempercayai kita. Kepercayaan sangat dibutuhkan dalam kehidupan karena kepercayaan merupakan pondasi dari setiap hubungan, entah itu bisnis, pasangan, orang tua, klien, ataupun teman. Kepercayaan bukan suatu hal yang dapat dibangun dengan sekejap mata, melainkan melalui sebuah kebiasaan yang konsisten dalam hubungan interaksi kita. Contohnya saja dalam kuliah kepercayaan sangat penting terutama dari dosen, ketika kita sudah mendapatkepercayaan dari dosen maka hal-hal yang lain akan nyaman. Sesama teman apabila kita sudah mendapat kepercayaan dengan teman maka diapun akan baik dengan kita.

  • Keberanian

Ketika kita menutup mata, kita sebenarnya tidak tau apa yang akan dilakukan pembimbing kita maka dari itu rasa keberanian menghadapi permainan atau tantangan yang diberikan harus kita miliki. Rasa keberanian menghadapi tantangan harus kita miliki karena tanpa mental itu kita akan mudah menyerah di tantangan hidup yang semakin kejam ini. Dalam kuliah juga sangat diperlukan, karena mahasiswa kebanyakan sering mengeluh dengan tugas-tugas yang diberikan dosen begitu banyak. Oleh karena itu rasa keberanian menghadapi tantangan hidup harus kita miliki karena dengan itu kita bisa kuat dan cepat menyelesaikan kuliah dan bekerja. Keberanian bisa mejadikan sikap negatif menjadi positif, loyo menjadi semangat, takut jadi berani, pesimis menjadi optimis, miskin menjadi kaya, gagal menjadi sukses. Dengan menyadari akan besarnya kontribusi kekuatan keberanian pada kita, kita dapat memaksimalkan untuk : Berani menentukan cita-cita yang tinggi, berani bangkit lagi dari kegagalan, berani belajar dari kelemahan dan kesalahan, berani membayar harga untuk keberhasilan, berani memastikan untuk berjuang sampai sukses.

  • Keikhlasan

Ketika kita dibagikan kertas, kita tidak tahu akan kebagian nama hewan apa, oleh karena itu keikhlasan untuk itu dirasa penting. Ikhlas menerima hewan apa yang harus kita tirukan dan peragakan. Dalam kehidupan keikhlasan biasanya diimbangi kesabaran, hal itu sangat penting dalam kehidupan akan menerima sesuatu, salah satunya saja dalam kehidupan perkuliahan. Keikhlasan dalam menerima nilai dari dosen serta kesabaran sangat penting karena tanpa itu mungkin saja kita putus asa dan strees, hal itu akan sangat merugikan dan menggangguhal-hal yang lain. Dari itu kita harus bersemangat lagi dalam kuliah karena kita memiliki keikhlsan dan kesabaran serta semangat untuk memperbaiki kekurangan. Tataplah masa depan, jalani dengan penuh keikhlasan dan kesabaran, karena pasti di balik sebuah permasalahan pasti akan muncul kemudahan. Satu hal ikhlas itu tidak berarti pasrah, ikhlas itu menerima dengan baik apa yang terjadi, dengan tetap berusaha mencapai apa yang kita inginkan. Menjadi ikhlas saat hati tidak bisa menjadi ikhlas adalah tetap yang terbaik. Ujian atau cobaan pasti akan terus mengalir, ikhlas menerima dan sabar menjalani adalah sebuah kunci dalam menjalani semua yang ada.

  • Kepatuhan

Ketika kita mendapatkan intruksi untuk melaksanakan perintah dan lain-lain dari pembimbing pada game tersebut maka kita dapat belajar patuh dari game tersebut. Sikap patuh sangat dibutuhkan dihidup ini, karena tanpa kepatuhan tata kehidupan di Negara ini akan kacau, seperti itu juga kehidupan di ITS dan khususnya SI kita harus patuh pada peraturan yang ada untuk ketentraman dan ketertiban kampus. Kepatuhan menumbuhkan disiplin pada pribadi masing-masing. Tidak ada hal yang lebih penting dalam manajemen diri dibandingkan dengan kedisiplinan. Selain pentingnya menemukan arah dan tujuan hidup yang jelas, kedisiplinan merupakan syarat mutlak untuk mencapai impian kita atau melaksanakan misi hidup kita. Kita harus disiplin dalam mengembangkan diri kita dalam segala aspek, kita harus disiplin dalam mengelola waktu dan uang kita, kita harus disiplin dalam melatih keterampilan kita dalam setiap bidang yang kita pilih. Kita seharusnya belajar banyak dari orang-orang luarbiasa dalam sejarah umat manusia.

  • Kejujuran

Kita diperintahkan untuk menutup mata, ada saja anak yang kadang membuka matanya untuk mengikuti rasa penasarannya. Disini kita dilatih untuk bersikap jujur untuk tidak membuka mata. Sikap jujur sangat dibutuhkan untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Jujur menurut saya adalah sifat yang memang harus kita miliki dan boleh dikatakan mutlak harus kita punyai. Sifat jujur boleh dikatakan setara dengan sifat-sifat lainnya seperti sifat berani, belas kasih, dan lain-lainnya.

2.      Permainan kedua adalah setelah kita membuka mata kita mencocokan teman dengan bergaya dan bersuara binatang yang ada didalam kertas, lalu kita mencari teman sekelompok dengan yang memiliki suara sama tanpa boleh menyebutkan dengan kata nama hewannya. Dari permainan ini ada beberapa pelajaran yang dapat kita ambil, antaralain :

  • Kejujuran

Disini sangat dilatih kejujuran karena kita harus mengikuti intruksi dari pembimbing tanpa boleh mengatakan nama hewan apa,lalu kita memeragakan gaya dan suara hewan tersebut. Rasa jujur sangat diperlukan dalam kehidupan terutama dikehidupan kuliah. Ada banyak orang pintar saat ini, tapi kita kekurangan orang jujur dan punya rasa malu dinegeri ini. Kita memiliki hampir semua potensi untuk menjadi bangsa yang besar, kekayaan alam kita melimpah, sumber daya manusia kita juga banyak, dua hal yang mungkin kurang pada bangsa ini adalah kurangnya orang jujur dan orang yang menjunjung tinggi rasa malu. Maka untuk memajukan bangsa ini kita harus bersikap jujur dan terbuka walaupun pahit adanya.

  • Berani malu

Di game ini kita belajar berani malu karena walaupun diliat semua orang kita tetap harus memeragakan gaya dan suara hewan. Berani malu disaat yang tepat dapat melatih kita keberanian dan rasa percaya diri bergaya dihadapan orang banyak.

  • Kegigihan

Kegigihan dalam game ini sangat diperlukan karena dengan begitu kita baru bisa mendapatkan nama hewan yang sejenis lalu berkumpul dengan kelompok kita masing-masing. Sifat kegigihan sangat diperlukan dalam kehidupan, baik untuk meraih kesuksesan maupun kebahagiaan. Kegigihan dalam belajar sangat bermanfaat dikehidupan kuliah untuk dapat lulus dengan cepat, siapa yang tidak mau.

  • Ketajaman indra

Ketika kita hanya boleh memeragakan dengan gaya dan suara hewan tersebut kita melatih ketajaman indra kita baik pendengaran maupun penglihatan untuk menetukan jenis hewan yang sama. Ketajaman indra sangat dibutuhkan dalam kehidupan, rasa sensitive dengan apa yang terjadi disekeliling kita membuat kita banyak disenangani orang karena dengan rasa itu kita bisa peduli dengan apa yang terjadi dengan orang yang disekeliling kita.

  • Semangat pantang menyerah

Dalam menemukan teman sejenis dengan nama hewan yang sama kita sangat diperlukan semangat pantang menyerah karena dengan itu kita bisa menemukan teman dengan secepat-cepatnya. Semangat dalam kehidupan sangat diperlukan karena tanpa itu tidak ada motivasi untuk meraih cita-cita, lalu beranggapan apalah gunanya hidup itu akan sangat merugikan diri kita sendiri. Ada sebuah kata motivasi seperti ini, “Bangunlah ketika yang lain sedang tertidur. Berjalanlah ketika yang lain sudah bangun. Berlarilah ketika yang lain sedang berjalan. Dan terbanglah ketika yang lain sedang berlari. Dan ketika yang lain terbang maka saya telah sukses”. Dengan aku semangat dapat mengantarkanku pada kesuksesan.

  • Adaptasi

Setelah kita menemukan teman disekelompok yang sama maka kita dipaksa untuk belajar beradaptasi dengan teman-teman kelompok kita, beradaptasi dengan orang-orang baru dan berbagai macam karakter manusia. Kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, seperti halnya saya sebagai mahasiswi baru, beradaptasi dengan lingkungan kuliah ini sangat penting,beradaptasi dengan semua himpunan keluarganya beradaptas dengan berbagai tugasnya, hal itu sangat diperlukan agar kita terbiasa dengan lingkungannya. Bahkan dirasa adaptasi dengan cepat sangat penting dikehidupan ini.

  • Keseriusan

Dalam memeragakan gaya dan suara hewan sangat diperlukan keseriusan karena tanpa itu teman kita akan susah menilai kita itu termasuk hewan apa. Keseriusan dalam mengikuti pelajaran itu adalah kewajiban seorang mahasiswa, karena tanpa itu buat apa kita kuliah mengikuti pelajaran kalau hanya untuk bercanda dan melakukan hal-hal lain yang tidak bermanfaat. Keseriusan dalam belajar untuk meraih cita-cita akan mengantarkan kita pada kesuksesan masa depan dan kebahagiaan.

  • Tanggung Jawab

Setelah kita terkumpul dikelompok masing-masing kita dimintai pertanggung jawaban dengan melihatkan nama hewan yang tertulis dikertas kita. Hal itu gunanya untuk melihat apakah kita ini sudah berada pada kelompok yang benar atau salah.

3.      Game yang ketiga adalah ketika kita sudah berkumpul dikelompok masing-masing, ada permainan yaitu lempar bola. Bola itu dileempar pada teman yang kita memilih dengan peraturan, ketika mendapat bola dari salah satu teman (misalnya namanya A) maka kita harus mengucapkan “Terimakasih A, nama saya Desy, saya akan melempar bola kepada B” Lalu kita melempar bola lagi ke B. Begitu seterusnya, dari game ini dapat kita ambil pelajaran :

  • Berkenalan

Dengan game seperti ini kita akan cepat mengenal teman-teman kelompok kita serta menghafal nama teman-teman baru kita. Nama begitu penting untuk komunikasi, dan tentu banyak lagi manfaatnya karena buat setiap bayi diberi nama. Dengan game ini kita juga cepat mengenal teman-teman kita.

  • Berterimakasih

Dalam game ini kita dilatih berterimakasih pada teman yang sudah memberi bolanya kepada kita. Sekarang seringkali orang malu mengucapkan terimakasih padahal itu sangat penting sebagai menghargai apa yang telah dilakukan orang kepada kita. Dengan begitu kita akan dihargai orang juga, adanya hubungan timbal balik tersebut akan meningkatkat kehangatan dalam hubungan social.

  • Kelembutan

Sikap kelembutan dalam melempar bola pada teman kita sangat diperlukan karena tanpa itu maka teman tidak mau menerima bola tersebut apabila kita memberinya dengan kasar. Pada dasarnya, setiap manusia pasti menyukai kelembutan. Kelembutan dalam perkataan maupun perbuatan. Kelembutan akan menghadirkan kesejukan dan ketentraman dalam hati. Tidak jarang, sebuah kekerasan akan luluh dan luntur oleh sebuah kelembutan.

  • Ketepatan

Ketika kita ingin melempar bola pada teman kita maka kita trelebih dahulu harus mengucapkan keman akan kita beri bola tersebut. Ketepatan arah dan tujuan melempar bola sangat diperlukan. Penerapannya adalah kita harus mempunyai arah dan tujuan hidup ini agar kita tau apa yang harus kita capai dan lakukan untuk itu.

  • Keseriusan

Dalam melempar bola juga kita dilatih keseriusan agar bola kita sampai ketujuan yang kita inginkan. Keseriusan dalam meraih tujuan hidup kita sangat diperlukan agar tercapai cita-cita kita tersebut.

  • Kepatuhan

Dalam game ini kita tidak boleh melempar bola pada teman yang sudah pernah memegang bola ini adalah satu hal yang harus kita patuhi. Pentingnya rasa kepatuhan tersebut. Hal ini juga bertujuan agar kita mengenal nama-nama teman kita semua dan supaya adil. Semua anggota kelompok kebagian bola dan diberi kesempatan untuk mengenalkan dirinya.

  • Kejelasan

Dalam game ini kita harus jelas menyebutkan nama kita dan nama teman yang akan kita beri bolanya. Kejelasan sangat penting agar maksud kita tersampaikan pada orang lain, hal yang penting dikedupan ini. Kejelasan maksud kita harus dapat dipahami teman kita agar dia bisa siap-siap menerima bola kita, adanya interaksi yang baik apabila ada kejelasan pada diri kita.

4.      Tugas yang lain dikelompok kita adalah membuat yel-yel, adapun pelajaran yang dapat kita ambil adalah :

  • Keaktifan

Keaktifan dalam berdiskusi untuk menemukan ide dan membuat ide sangat diperlukan dalam kelompok. Jadi kita harus bisa aktif dalam kelompok tersebut. Hal ini sangat bermanfaat pada system KBK sekarang yang mahasiswanya dituntut untuk aktif dikelas maupun dikegiatan lainnya.

  • Kemampuan berdiskusi

Kemampuan berdiskusi, bertukar pendapat agar kita bisa menghargai dan dihargai orang serta agar teman mudah mengerti dan kita pun belajar mengerti teman, sikap-sikap ini sangat diperlukan dalam kemampuan kita dalam berdiskusi.

  • Kemampuan interpersonal

Disini sangat dilatih keterampilan interpersonal, keinginan untuk mengerti orang lain, kemampuan untuk mendengar dan mengerti secara akurat pikiran, perasaan masalah orang lain yang tidak terucap atau tidak sepenuhnya tersampaikan, dapat memahami kelebihan dan kekurangan orang lain serta dapat memperidiksi perilaku orang. Jadi keterampilan interpersonal adalah sebuah komunikasi efektif yaitu keterampilan yang mendorong peningkatan kinerja seorang professional, bisa tercermin juga dari penampilan  sehari-hari dan perkembangan karirnya orang yang positif thinking dan percaya diri.

  • Semangat dan kerjasama

Semangat untuk menciptakan yel-yel bagus, lucu atau menyumbangkan ide yang kreatif agar dapat menjadi yang beda disbanding yang lain. Kekreatifan sangat dibutuhkan dikehidupan sekarang untuk menjadi sukses. Kerjasama untuk menghasilkan yel-yel yang bagus

5.      Setelah yel-yel terbentuk, kita harus menampilkannya dipanggung bersama teman-teman kita. Adapun pelajaran yang dapat kita ambil adalah :

  • Keberanian

Keberanian tampil dihadapan orang banyak. (sudah dijelaskan sebelumnya)

  • Kekompakan

Kekompakan dalam penampilan ini sangat penting  karena tanpa itu penampilan dari kelompok kita akan dirasa kurang menarik. Kekompakan dalam sebuah perusahan antara pemimpin dan karyawan sangat diperlukan agar mencapai keberhasilan dari perusahaan tersebut.

  • Kita belajar berbicara didepan banyak orang, hal ini sudah dijelaskan sebelumnya untuk melatih kemampuan kita berbicara dihadapan orang banyak.
  • Beradu yel-yel siapa yang lebih bagus dan kreatif dan mudah diingat, kita dilatih beradu disini agar dihargai bagus oleh orang lain.
  • Belajar mengendalikan emosi kita karena disini mungkin banyak yang ditertawakan oleh teman-teman kita, kita harus bisa mengendalikan emosi kita, percaya diri dan keberanian sangat penting dalam kehidupan. Pengendalian emosi juga sangat dibutuhkan dalam keita bersikap agar orang enak dengan kita.
  • Belajar menyeimbangkan otak kiri dan kanan antara gerak yel-yel dan dengan apa yang diucapkan. Hal ini sangat penting, penyeimbangan antara otak kiri dan kanan sangat berguna dikehidupan kita nanti

6.      Game yang keenam adalah kita diberi kertas yang berisikan nama alamat dan no telp teman, kita harus mengisi dengan menanyakannya pada teman. Kita dianjurkan untuk menemukan teman sebanyak-banyaknya dengan waktu yang terbatas. Disini kita dilatih :

  • Kegigihan dalam menemukan teman (Sudah dijelaskan sebelumnya)
  • Kedisplinan dengan batas waktu (Sudah dijelaskan sebelumnya)
  • Kejujuran meminta biodata teman karena bukan menyontek (Sudah dijelaskan sebelumnya)
  • Kecepatan dalam bergerak dan memperoleh teman sebanyak-banyaknya. Kecepatan dalam mengerjakan tugas sangat penting dalam kuliah agar tidak deadline
  • Kehangatan atau kelembutan dalam bersikap agar teman mau berkenalan dan member datanya kepada kita, ini bisa digunakan untuk nanti dalam bekerja untuk melobi orang lain untuk bekerjasama dengan perusahaan kita
  • Kita juga belajar terbuka dengan teman agar kita memberikan data juga kepada teman, ada saling memberi dan saling mengenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s